Seputaran MPASI

Alhamdulillah sudah memasuki usia 7 bulan yihaaaay! *tiup tiup terompet*

Berarti sebulan sudah Rey MPASI-nya. Heeem sebelum bahasin si MPASI, intermezo (ga penting) dikit ah sama tumbuh kembangnya. Buat inget-inget dia bisa ini kapan bisa itu kapan :D . Sebelum usia 6 bulan, Rey akhirnya resmi bisa duduk sendiri yay! Awal nya cuma Ayahnya yang liat, tapi liat dengan mata kepala sendiri Rey duduk sendiri pas banget pas dia mulai awal MPASI. Senengnya ga ketulungan lah hihi akhirnyaaaaa.

Awal-awal duduk suka masih oleng, jadi tiap Rey duduk kita uda harus sigap kasi bantal di belakangnya. Takunya dia ngejeblak ke belakang, pernah sih ngejeblak trus belakangnya tembok ihiks. Untung nyengir doang ga ampe nangis kejer. Setelah fase duduk yang makin jago, Rey belajar berdiri pake lutut. Awal nya ini pas gue lagi beberes kamar dan dia ditaro di box-nya. Eh eh eh tau tau dia ngelongok ngintip emaknya lagi apa. Pas dilitin lebih deket ternyata dia berlutut sambil pegangan ke pinggiran box-nya aiiiiiih seneng nya :) . Selang seminggu setelah bisa berlutu Rey bisa berdiri sendiri sambil pegangan pinggiran box nya. Ngerangkak? sebenernya Rey bisa nyamperin benda dimana-mana, tapi gue ga mau bilang uda lulus ngerangkak karena belom rapi :lol: nyamperinnya ngerangkak selangkah-duduk-goleran-maju lagi ngesot-nungging zzzzzzz. Oemjiiiiiii ternyata namanya bayi satu bulan aja uda banyak banget perubahannya. Semoga walopun Ibu Ayah nya sibuk ga kelewat satupun fase tumbuh kembangnya aamiiiiiiiiiin aaaamiiiin.

  
Oke kembali ke topik awal *kipas kipas pake sawi*. Pertama nyobain MPASI Rey cuma sekali makan sehari, tapi begitu tiga hari diliat anaknya lahap banget (walopun muka masi lempeng tapi mangap terus) akhirnya dinaikin jadi 2 kali makan. Pagi puree buah dan sore buring pake sayur tunggal. So far masi pake beras putih kakaaaaaa, belom gasol gasolan :lol: barusan beli Gerber semoga anaknya bisa move on ke instan (emak ga bener) karena mau traveling :| .

Seminggu setelah dua kali makan, dinaikin jadi tiga kali makan. Pagi puree buah, siang buring dan sore buring. Contoh menu kaya begini :

  • Pagi : Puree Alpukat
  • Siang : Buring Wortel Tofu dan Kaldu Ceker
  • Sore : Buring Wortel Tofu dan Kaldu Ceker

Minggu ketiga MPASI Rey uda empat kali makan :lol: kata dsa-nya Rey tipikal anak doyan makan, jadi sebelum (amit-amit) tiba waktunya GTM mending dikasi sebanyak yang dia mau. Dan di minggu ketiga keempat MPASI Rey uda dikenalin ke daging ayam giling.

  
Karena sempet sakit batpil lumayan lama hiks bikin BB Rey turun tajam. Buat nge-boost lagi, menganut hasil sharing di grup BC dengan suhu sis Riri :lol: porsi makan ditambah dan jam makan di-tambah. Jadi gue menganut jam makan, tiga kali makan berat dan satu kali snack. Selain itu buring-nya juga bisa dicamput Extra Virgin Olive Oil. Sebenernya bisa sih nge-boost pake Keju, Yogurt atau Butter. Tapi karena 6 bulan belum bole, jadi pake EVOO aja sebagi lemak tambahan. Alhamdulillah bisa naik 200gram selama seminggu.

Tuju bulan ini DSA uda kasi lampu ijo untuk coba daging merah, ikan, keju, yogurt dan semua turunan susu. Dengan catatan dicoba nya single menu aja, dan diamati reaksi alerginya. Cian Rey makan ayam mulu :lol: next coba ikan air tawar dulu, kalo lulus baru ke ikan air laut atau next lagi bisa cobain kuning telur ayam kampung.

Ini beberapa menu (hasil sotoy emaknya) yang Rey suka :

Snack

  • Puree Alpukat
  • Puree Mangga
  • Puree Pear Packham
  • Puree Apel (satu apel abis sekali makan zzz)
  • Puree Pisang
  • Puree Pepaya
  • Puree Kabocha

Resep Buring

  • Beras Putih + Wortel + Ayam
  • Beras Putih + Tofu + Buncis + Ayam
  • Beras Putih + Zuchini + Tofu + Ayam
  • Beras Putih + Kacang Polong + Zuchini + Ayam
  • Beras Putih + Kabocha (pas emaknya males potong sayuran lain :lol: )
  • Beras Putih + Kacang Panjang + Tofu + Ayam
  • Kentang + Buncis + Wortel + Tofu + Ayam
  • Beras Putih + Jagung Manis + Buncis+ Tofu + Ayam
  • Beras Putih + Kentang + Tofu + Wortel + Ayam

Buat naikin berat biasanya gue bikin double karbo plus double protein (hewani dan nabati) plus tetesin EVOO pas mau makan. So far Rey alhamdulillah mangap mulu kalo makan, porsinya satu panci penuh SC yang 0,7 lt. bisa untuk tiga kali makan. Itupun kalo rasanya manis (pake wortel) dia bisa kurang -___- jadi agak menyesal ga beli yang 1,2 lt.

Semoga di tuju bulan nafsu makannya masi kaya sekarang or even better bisa makin geragas dan bisa finger food ya Allah ini susah banget ngajarinnya hiks. Dikasi biskuit bukannya dimasukin mulut malah dilempar-lempar zzzzzzzz. Have a nice day! :)

 

Ayah ASI

Dulu sebelum hamil agak asing sama istilah Ayah ASI. Apaan tuh? Emang bapak bapak bisa kasi ASI? :lol: . Sampe akhirnya baca buku Ayah ASI yang super heits di kalangan mahmud itu. Baca dikit doang sih selainnya Rafdi yang baca haha.

Manfaat pertama yang kita rasain itu pas Rey harus fototerapi. Drama ngotot ngototan sama suster RS yang sangat ga pro ASI. Persis kaya apa yang diceritain di buku Ayah ASI. Emang yeee ada suster macem gitu, uda semacem sales sufor. Padahal kan akik asi nya juga lancar bahkan sampe Rey kelar fototerapi masih nyisa tuh *emosi*.    Alhamdulillah ASI bisa lancar bahkan bisa dikatakan over yah di awal-awal. Seneng banget akhirnya bisa lulus ASI Eksklusif enam bulan. Semuaaaaa ini ga lepas juga dari dukungan kuat suami dan orang sekitar. Inget banget pengalaman pertama menyusui. Begitu Rey mulai nyusu rasanya hauuuuuuus banget kaya puasa seharian. Sambil nyusuin, suami lagsung siap ngambilin minum dan megangin sampe Rey kelar nyusu. Jadi sambil nyusuin, Ibunya juga harus sambil minum. Belum lagi pas awal-awal lahir bayi tiap dua jam pasti nyusu, walhasil kalo malem berasa kelaparan paraaaaaah. Suami uda selalu siapin kue-kue buat gue makan malem-malem pas begadang nyusuin.

Suami jugalah yang akhirnya beliin breastpump pas Rey fototerapi. Dengan panduan hasil googling (dan tentu bapak bapak kalo blanja ga pake bandingin harga yaaaah, masak Medela Harmony 800rebu heeeem) di toko paling deket dari RS. Nganterin ASIP tengah malem ke rumah sakit pas Rey fototerapi karena kita uda balik dari RS.  Selain dukungan langsung, suami juga kasi dukungan ga langsung semacem bantuin kalo dibutuhkan. Contoh kalo si bibi lagi balik, suami bisa bantuin gantiin popok, kasi ASIP pake botol, nyuapin or even mandiin Rey. Ga malu Yah? Nanti dibilang suami takut Istri? Nope! Rafdi pasti jawab ‘Aku ga mau kamu capek trus stres, nanti ASI nya seret malah kasian Rey’. Pasti sih ada (atau banyak?) di luaran sana Bapak bapak yang gendong anaknya aja ga mau, alesannya ga bisa akuuuu. Hanya demi gengsi, takut dibilang suami takut istri. Padahal kalo dipikir-pikir, dengan lo bantuin istrindan istri happy anak pun jadi happy karena asupan makannya bisa berlimpah bisa merasakan bonding dari Ayah dan Ibu nya pula. Anak kan bukan 100% harus bonding sama Ibu nya, kasian dong ga dapet bonding dari Ayahnya. So, buat Ayah ASI ku yang paling hebat.

Terima kasih yah sudah mendukung pemberian ASI sampe hampir 7 bulan ini. Semoga selalu semangat dan bisa kasi Rey ASI sampai dua tahun. Aamiin. Dan untuk Ayah atau calon Ayah di luar sana, yuk dukung Istri untuk beri ASI di dua tahun kehidupan pertama bayi. Ga perlu dipertanyakan lagi lah manfaat ASI apa aja yang jelas banyak, banyaaaaaak :) .

MPASI Perdana

Paling ditunggu tunggu adalah kapan mulainya sih? Dibahasin mulu di grup BC hihi. Terus tiap kali ada perbayian yang mpasi duluan (karena lahir duluan dari Rey) jadi kepo aja gitu bawaannya pen nyuapin anak mulu :lol: .

Akhirnyaaa setelah menghitung 180hari dateng juga tanggal 11 Juli 2015. Setelah semedi mau kasi makan apa nih mpasi perdana. Gue akhirnya menjatuhkan pilihan pada alpukat mentega. Oke sip. Brangkatlah ke Farmer Market sepulang kerja dengan niatan mau beli alpukat mentega, hasilnya? Tetoooot kosong! Terus mikir apa mau ke Total Buah aja, ah males ahahah akhirnya ngiterin tempat buat aja di Farmer Market dan cap cip cup akhirnya diambilkan Mangga Arum Manis.

Katanya budok (di grup BC) sih selain pisang, buah yang mengandung tepung adalah mangga. Karena sebelum mpasi uda konsul ke dsa sebaiknya Rey pertama dikasi karbo dulu tapi dari buah. 

Dari pagi uda sibuk sendiri ngupasin dan nge-grinder si mangga. Belum lagi abis itu disaring yes? Rempeees abis! Tapi syenaaaaang aja gitu ahaha. Kenapa ga diblender aja? Balik lagi ke prinsip *cielah* pokoknya bertekat ga mau ngeblender makanan. Selaen sendirinya enek liatnya (apalagi ngeblender buring) juga pengen biasainanak makan makanan yang agak bertekstur supaya ga males ngunyah. 

Pas jam 10 teng semua uda disiapin, highchair siap! Bibs siap! Mangkok gelas air dan bocahnya juga disiapin. Oh ga ketinggalan Ayah nya seksi dokumentasi juga siap hihi. Suapan pertama mukanya aneh banget, mungkin biasa minum asi tawar tawar gimana gitu eh dikasi mangga yang manis banget hihi tapi doyaaaan aja gitu abis banyak.

  
Karena pake prinsip three days rule jadi makanannya ga ganti selama tiga hari. Sampai saat ini yang uda Rey makan :

~ Puree Mangga

~ Puree Alpukat (ga doyan sembelit pula hiks)

~ Puree Pear Packham (Fav abis!)

~ Puree Pepaya

~ Puree Labu Kabocha Merah

~ Puree Pisang Sunpride

~ Buring Wortel Tofu

~ Buring Bayam Daging Sapi Giling (ga doyan sama sekali)

~ Buring Wortel Ceker Ayam (Fav nya Rey)

Makan masi dua kali buring dan satu kali puree buah. Ga sabar cobain resep resep lain hihi. Sehat sehat yah Rey.

What’s Up Rey!

Alhamdulillah sekarang Rey (or I used to call him BabyR) uda mau memasuki usia 6 bulan. MPASI yes?! Haha bertahan sebentar lagi menuju S1 ASI Ekslusif :) . Konon katanya sih MPASI itu babak drama baru buat new mom karena bangak bayi yang suka GTM, ah tapi tetep aja ga sabar ahahha. Doa khusyuk semoga Rey bukan tipikal picky eater, apa aja dimakan yah Rey *komat kamit*

Sedikit rekap mengenai milestones Rey, bukan bermaksud gimana-gimana. Sekedar nyatet aja biar siapa tau kalo mau inget-inget lagi ga susah. Tau la kapasitas otak yang penuh sama info diskonan ini :lol: mumpung masi fresh jadi mari dicatet aja.

  
Angkat Kepala

Setelah dari umur sebulan rajin ditengkurepin alhamdulillah pas di umur 3 bulan Rey bisa tegak angkat kepalanya. Walopun itungannya agak telat dibanding temen-temennya di BC tapi its OK lah ya.

Tengkurep

Nah kalo ini itungannya agak telat juga dibanding temen di BC. Karena Rey tipikal yang kalo tidur maunya telentang jadi kalo dipancing sok-sok dimiringin malah ngamuk :| jadinya ibu dan ayah nya sabar aja deh. Tapi alhamdulillah di umur 4 bulan dia bisa tengkurep sendiri horaaaaay plus bisa balik dari tengkurep! Lengkap deh hamdalah.

Onggong-Onggong

Milestone Rey memang melesat cepat semenjak dia bisa tengkurep. Semuanya diexplore sama dia. Ga lama setelah tengkurep dia bisa angkat dada dan kemudian angkat pantatnya. Owalaaaaa akhirnya bisa angkat semua aka posisi onggong-onggong :) . Ini juga di umur 4 bulan mau ke 5 bulan.

Maju Mundur

Next setelah bisa posisi onggong-onggong, Rey bisa mundur dengan cara ngedorong kedua tangannya. Selaen mundur Rey juga bisa maju dengan cara lompat macem kelinci. Tumpuannya di ujung kaki. Dia mulai bisa maju mundur buat ambil mainan yang jauh dari jangkauannnya. Masi di umur 5 bulan.

Ngoceh

Sebenernya mulai mengeluarkan suara ini uda dari umur 40 hari ya. Tapi yagitu deh ga jelas dan cuma ngoceh kalo dini hari aja. Mulai umur tiga bulan ngocehnya uda mulai bagus bisa dadada mamamama dan yang paling wow dia bisa A-Yah sambil liatin muka ayahnya. I know lah pasti ga sengaja tapi senengnya ampun deh haha lebih lebih Rafdi senengnya banget nget nget.

Duduk

Setelah lancar onggong-onggong, Rey suka miring-miringin pantat. Kata orang tua sih itu cara dia mau duduk. Dan yup bener aja di usia menjelang 6 bulan Rey bisa duduk model tripod. Dengan kedua tangan sebagai tumpuan hihi seneng bangeeeeet! Alhamdulillah.

Badan Rey memang tipikal ‘bongsor’ terutama kalau dilihat dari tinggi badan. Pun gue coba plot persentil tingginya mencapai 97%. Awalnya sih agak takut karena kok tinggi banget ga kaya teman temannya. Yah maklum penyakit emak-emak suka bandingin anak. Tapi akhirnya tersadar juga there’s no such thing like ‘ketinggian’, malah justru harus bersyukur kali aja Rey bisa jadi atlet basket hihi aamiin. Alhamdulillah sekarang sudah 8kilo, jadi biarpun ga gembul banget at least dia masi ‘berimbang’ lah berat badan dan tinggi badannya.

Semoga milestone Rey lainnya bisa melesat cepat juga yah aamiin. Dan yang paling penting semoga bisa selalu dampingin Rey disituasi apapun. Setiap hari ada progress baru ada sesuatu yang baru dari Rey. Rey uda bukan bayi yang kerjanya tidur aja uda aktif kesana kemari semoga makin hari ga makin encok ngikutinnya hehe aamiin.

Love you Rey

Peralatan Perang MPASI

Ga kerasa banget bulan depan BabyR uda 6 bulan, uwoooooooow berasanya baru kemarin sakit-sakit gegara kontraksi :D . Enem bulan berati saatnya kasi BabyR makanan pendamping ASI atau istilah kerennya MPASI. Birth Club Jan 2015 uda heboh bahasin peralatan MPASI ini sejak 3 bulan lalu :lol: saking heboh nya para new mom ini mau persiapa sebaik mungkin. Segala ilmu dishare dari pada sesepuh (yang uda anak kedua dan kelima), mulai dari merk merk alat perang, buku referensi dll dll.

Sebagai new mom yang apa-aja-info-ditelen-dulu makin banyak baca referensi, dirikupun semakin galau maksimal. Ternyata MPASI itu banyak alirannya, ada yang aliran buah dulu, karbo dulu, protein dulu. Duh jadi pening pala plinces! Aku ikuti aliran naluri ibu aja lah *bleh*.

Berhubung waktu sehari-hari kesita banget buat BabyR (karena ga mau sedikitpun lewatin milestone dia) gue susah banget bisa browsing ke forum-forum macem dulu hamil. Untung banget lah join BC Jan, banyaaaaaaaaak banget info yang gue dapetin. Ga ketinggalan pula info DISKON! ahahaha ini zupeeer penting buat beli printilan MPASI. Ya kan lumayan ya bok, kalo diskon lebihnya bisa buat lebih lipen WARDAH :lol: .

So, ini beberapa peralan yang gue siapin buat MPASI. Beberapa uda dibeli dan beberapa lagi belum. Masing konsul-konsul sama sesepuh di grup BC. Takutnya ada alat-alat yang mungkin nantinya akan mubazir kan yaaa, jadi kita semedi dulu lah :

Takahi Slow Cooker

Awalnya, maju mundur beli ini. Karena banyak yang bilang ‘halah, pakai panci ajalah’. Trus makin baca-baca testimoni slow cooker makin goyah. Kok ya banyak banget yang suggest buat beli ini. Terutama buat WM macem gue kayanya ini alat wajib dibeli. Di grup uda pada belipun gue masi semedi mikirin beli engga, sampai akhirnya jeng Riska nawarin slow cooker dia dengan harga yang lebih murce karena dapet kado. Yowis akhirnya gue beli lah slow cooker jeng Riska ahahha thanks mamak Kio! :) .

351191_76b98634-c3bb-11e4-b9d3-db8b2523fab8

Pigeon Baby Food Maker

Sebenernya bisa sih beli peralatan kaya parutan, saringan, penghalus makanan dll itu. Tapi yah lagi-lagi racun diskonan yang ditebar di grup BC akhirnya dakupun luluh *pret*. Selaen karena simple beli satu barang bisa dapet satu set, pigeon kan insya Allah BPA free ya neik, jadi insyaaaaa Allah aman buat baby kita.

pigeon_home-baby-food-maker-2

Pisau dan Telenan

Ada sih ini di rumah, tapi kan makanan bayi sebisa mungkin steril yes. Jadi gue memutuskan beli terpisah dari yang dipake sehari-hari di dapur. Telenannya beli dua, satu buat sayur satu lagi buat daging-daging. Yah, lebay sih tapi balik lagi kan namanya mau sebisa mungkin steril kasi makan bayi.

ku-xlarge

Ice Cube

Buat mamak macam gue yang bisa ‘repot’ kalo weekend doang, rencananya sih mau seminggu sekali bikin kaldu gitu. Trus simpen rapi di ice cube. Jadi kalo mau bikin bubur tinggal cemplungin beberapa cubes ke slow cooker.

21658011894224p

HighChair

Ada yang bilang sih ga perlu yah, soale kalo ga kepake sayang mihil belinya. Tapi alhamdulillah modal warisan BabyR uda punya HC nya MC ahahaha. Yah mau berusaha mendisiplinkan anak kalo makan itu ya duduk. Impian emaknya banget kan, kalo semisal makan di resto gitu biar ga kejar-kejaran mulu. Mari berdoa khusyuk biar bisa begitu.

430x430-Mothercares-Picnic-Highchair

Grinder

Rencananya sih ga mau pake blender buat ancurin makanannya, jadi dipilihkan munchkin grinder. Pengennya biar makanannya ga alus-alus amat, tapi mungkin sih kalo di awal-awal lebih mafaatin saringan deh hahaha baru naik level jadi ga pake saringan.

81h6RSSLQSL._SL1500_

Bibs

Penting! buat nadahin makannya yang tetumpahan. Gue pilih yang bahan silikon dan ada tadahan buat makan makan yang jatoh. Belom bandingan sama yang bahan kain sih. Mari dicoba satu-satu dulu :) .

EKB42-37_EKB42

Pigeon Feeding Set

Gilaaak! masa uda rempongs beli peralatan masak tapi lupa beli peralatan makan? ahahahha emang odong ini mamaknya :lol: . Gue biar lagi lagi ga mau repot beli yang satu set ajala yah. Dan yes pigeon lagi, merk sejuta buibu :D .

141020162521_Pigeon Feeding Set B_full

Semoga MPASI ini seindah bayangan yah, bisa selalu konsisten home made MPASI walopun kebayang kejar tayangnya pas siapin sebelum kerja hihi. Bismillah.

First Swimming Experience

Holaaaaaaaaaaaaaa……duh susah amat yak bisa konsisten nge-blog setelah jadi emak macam emak-emak blogger kece di luaran sana *sigh*. Tapi iya sih emang fokus sekarang ini waktu itu priceless banget (cielah) sayang aja gitu ga dihabisin buat anak dan keluarga. Secara umur BabyR segini cepet banget yah perkembangannya, tiap hari ada yang beda…..tar tau-tau uda mau merit aja nih bocah *lebeh*.

Eniwei, dari pada bahas beras plastik ah malesin mending bahas diskon diapers ada dimana lagi ya buibu? :lol: . Aslik! dulu gue suka heran kenapa temen kantor gue baik bapak-bapak ataupun buibu demen bener mantau diskon diapers, iiiiiiiiiiiih ternyata itu lebih penting dari pada mantau berita beras plastik. Diskon diapers itu ibarat prestasi! ahahaha lo bisa dapet harga paling murce itu uda suatu kebangaan banget nget nget *emak emak abis*.

Balik ke topik! karena di Birth Club anak-anak bayi nya uda pada belajar berenang yah, jadi kok rasanya ada yang kurang gitu kalo BabyR ga renang juga di usia yang uda menginjak 4 bulan *alesannya cetek*  :lol: . Setelah browsing sana sini, akhirnya nemulah Bubble and Me di Galaxy. Alesannya karena tempatnya deket dari rumah. Yah pengennya sih Mom and Jo, tapi dari pada jauh-jauh udalah cobain aja yang deket rumah. Toh kata temen gue yang pernah nyobain Bubble and Me di Depok tidak mengecewakan, yiuk mari. Akhirnya berangkatlah gue, Rafdi, BabyR dan Mamer karena pengen nemenin si cucu berenang :D .

Ga susah sih nyari si Bubble and Me ini, tempatnya ada di ruko Villa Galaxy. Kalo dari arah gue Jatibening sih sebelum Hermina belok kanan dan udah deh nemu. Karena kita dateng pas hari libur jadi agak rame, cuman antriannya masih lumayan lah gue cuma nunggu 30 menit doang. Sambil nunggu sambil liatin anak-anak lain yang lagi berenang. Lucu-lucu deh ada yang nangis ada yang seneng banget dan ada yang lempeng-lempeng aja mukanya.

Tiba giliran BabyR renang, pertama-tama pemanasan dulu digerak-gerakin kaki dan tangannya sama si mbaknya. Dan gitu doang BabyR bisa sampe ketawa-tawa, sungguh gampang banget sih bikin ini anak seneng :lol: . Giliran dicelupin ke air, gue uda was-was nih kalo dia nangis kaya anak yang sebelumnya, nyatanyaaaaah mukanya lempeng aja :| . Mbak nya sama mbah Uti nya uda heboh manggil-manggilin dia, eh si anak keenakan sendiri muter-muter berenang dan tetep dengan muka lempeng.

IMG_0620 (1)

Lempeeeeeng ajeeeee ih si pipi

Nah kalo biasanya baby yang pertama kali berenang ini kan kakinya ke bawah terus gerak-gerak semacam mau menginjak dasar kolam yah, ternyata BabyR engga….dia malah bisa ngambang terus kakinya bisa kecipak kecipuk gerak maju mundur uda macam bisa renang beneran ahahaha. Ya tetep sih mukanya lempeng, itu sih takdir yah emang mukanya gitu. Alhamdulillah-nya sampe 15 menit ini anak betah-betah aja sih di dalem aer, pas giliran diangkat senyam-senyum sendiri zzzzzzz.

IMG_0546

Uda pro banget belom aku renangnya?

Karena ambil yang pake baby spa setelah renang ada pijatnya juga, dan ternyata ruang pijat anak laki-laki dan perempuan dibedain dari warna temboknya. Kalo laki-laki biru dan perempuan pink. BabyR sueeeeneng pake banget deh kalo dipijit ini, ampe ketawa-tawa heboh. Yah like mother like son, emaknya juga hobi banget sih pijit :lol: . Kelar dipijit dia uda kehausan tingkat parah ampe semua jarinya dimasukin mulut. Rafdi bayar ke kasir, gue sama mamer ke mobil dan langsung nenenin. Eh ga lama dinenein dia pules banget tidurnya. Sampe rumah aja masi pules, baru pas dia bangun gue mandiin lagi karena takut tadi airnya ga gitu bersih.

So far sih enak baby spa di Bubble and Me, tapi kurangnya sih karena aernya cuma diganti cuma separo aja dan akan diganti semua kalo uda empat bayi. Makanya gue was-was aja kalo tadi sebelum BabyR ada anak yang pipis eeerrrrr. Next mau renang lagi deh tapi paling pagiii bair dapet air yang baru hihi.

First Playdate

Sebelum melahirkan, eum kira-kira yah pas usia kandungan 8 bulan lah gue join ke Birth Club Jan 2015 di TUM. Dari awal mule cuma say hi di forum dan berlanjut bikin group WA. Awal-awal join gue masi susah banget ngapalin membernya hoahahaha ya kan hamil kayanya ada kali jaringan-jaringan otak yang agak putus :lol: . Jadi tiap mau chat baca dulu database member yang dibikin bu sekre Devina *aplause!*.

Awal-awal yang dibahas adalah gimana bedain kontraksi palsu dan kontraksi beneran kalo mau lahiran. Bahasin barang-barang bayik juga sih yang bikin kantong bolong karena tiap ada info kok ya rasanya pengen ikutan beli juga *kekepin dompet*. Dan akhirnya tibalah di awal bulan Januari! taraaaaaaaa orang mah pada heboh New Year yah kita heboh kapan sih kontraksi? :lol: . Tetiba Ena kasi kabar kalo baby nya lahir duluan, even belum Januari hihi yah tak apalah anggep aja Januari awal :lol: . Makin hari bahasan kontraksi makin intens, satu persatu lahiran baik SC maupun normal. Pokoknya kalo ada yang tetiba ilang di group kemungkinan besar dia lahiran :D .

Setelah bayi-bayi Jan ini lahir, makin seriiiing lah ini wasapan. Sampe tengah malem lagi kebangun nyusui pun ini group rame bener. Sampe Rafdi komen ‘itu pada ga tidur apa sih club Januari kamu?….ya menurut nganaaaaa….punya new born mah jam 3 pagi melek sudah biasaaaaah! :lol: . Semakin gede bayi sih wasapan kalo siang aja, malem istiharaaaat kakaaaak :D .

Setelah dibahas entah dari kapan akhirnya tercetuslah playdate ini. Itupun agak-agak ‘seret’ nentuin kapan? dimana?. Yah namapun banyak orang banyak kepentingan, ye kan ye kan? Awal idenya sih pengen semua member yang rumahnya Jabodetabek bisa ikut biar rame, tapi setelah nentuin tanggal kok dirasa ga bisa nih semua ikutan. Akhirnya yaudalah siapa aja yang bisa aja yang dateng, next dibikin lagi :D .

Akhirnya dipilihlah tanggal 3 Mei kemaren pas long weekend, dan tempatnya di LOVE. Kenapa LOVE? on cencuuuu karena nursery room nya bagus ahahhaa. Apasiiiiih kalo busui itu pikirannya, ga jauh jauh dari nursery room kalo mau traveling mah :lol: . Dan pula ini mall ga gitu rame jadi bisa ama stroller-an keliling-keliling. Setelah ditentuin mall nya, bingung deh mau di resto mana. Akhirnya dipilihlah Aroma Dapur Sunda karena no pork.

IMG_0271

Lupaaaa sama pupnya

Gue sama rombongan (Rafdi dan BabyR) uda nyampe LOVE jam 11an karena emang mau cari kado buat ponakan dulu. Kok kayanya ga lengkap yah ke mall ga pake insiden pup eerrrr. Begitu masuk parkiran BabyR pup (dan gue rasa banyak, karena mukanya bete) dan dia tipikal HARUS BERSIHIN SEKARANG JUGAK! Jadilah muter cari parkiran mobil sambil dengerin dia jejeritan minta digantiin diapersnya. Eh begitu keluarin stroller dorong-dorong masuk mall dia diem aja dan matanya kemana-mana liatin lampu-lampu, lupa deh sama pupnya.

Begitu nyampe nursery room, WOOOAAAAH! keceeeeeeh mamaaaaak……ada bilik-biliknya lagi buat nenenin dan tempat ganti popoknya luwaaaas jadi BabyR yang kakinya panjang ini ga kewer-kewer :lol: . Kelar ganti diapers sekalian nenenin ajalah biar ga ribut nanti hihi. Begitu kelar urusan kita muter-muter cari Toy City buat beli kado. BabyR diem aja lama lama eeeh merem :) . Kebayang berapa taun lagi kalo kesini dia ga akan merem, tapi jejeritan minta beliin mobil-mobilan :| .

Ga lama gue ketemu Naomy, kita ngobrol aja sambil pesen makanan sedangkan para bapak stroller-an sama babies. Enak banget yah? embeeeer :lol: . Ngobrol sana sini macem uda lama ketemu (kalo kenal sih emang uda lama yah biar ga ketemu haha) nungguin Ay sama Gaby dateng. Kelar makan barulah Ay dan sekeluarga dateng. Gue ampe bengong ini bawa dua anak kenapa dese nyantai banget? kok gue bawa satu anak aja rasanya mau bawa barang selemari? :lol: . Anelka agak-agak rewel dikit baru bangun dan Mimi….omagaaaaah anteng bener tidurnya. Kalo BabyR uda langsung melek jreeeeng! kalo stroller-nya ga jalan :| .

IMG_0283

Naomy – Ay – Woro – Gaby (plus Anelka)

Selang sejam (kayanya) Gaby juga dateng dan cerita sebelum berangkat Mika nya pup dulu. Mika anteng aja di stroller padahal matanya melek, cuma maenan tangan aja tapi ga rusuh. Kenapa pada bisa beginiiiih? kalo BabyR harus dibawa kemana-mana baru anteng. Dan total dari jam 12 sampai jam 4 itu Rafdi ga berenti tawaf keliling lantai 3 biar BabyR bobo :lol: . Katanya ‘gapapa kan dia ga rusuh ini’…..yaaaah bagus lah para buibu pada bisa ngobrol. Salut loh sama para suami yang nemenin istri pada playdate begini, mereka tanpa diminta uda langsung inisiatif pegang baby masing-masing dan pada ngajakin maen. Warbyasaaak!

IMG_0295

See you January Babies! muwaaah

Walopun beda umur tapi kalo bahas anak kayanya bakalan nyambung aja gitu. Seneng sih punya support group macem begini. Pas lagi down karena masalah baby berasa ga sendiri ada temen dan kadang ternyata cuma kelewat parno aja sebagai new mom, kalo anak bla bla bla padahal mah biasa. Ya semuanya berkat support group macem ini. Coba kalo parno trus sendirian ahaha makin parno kan yang ada. Semoga next bisa ngumpul banyak member biar makin rame (macem ngobrol di WA) dan pengen ketemu baby-baby Januari :D .

Love

PINK

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 153 other followers