Menghilangkan Bekas Luka pada Kulit Bayi

Eheeeem! Biar kesannya kaya mommy blogger gitu deh, kali ini mau bahas dunia kulit mulus para bayi *oposih 😆 .

Semua orang tua pasti sebel banget kalo liat kulit bayi yang muhluuuuuus tetiba jadi ada bekas-bekas gigitan serangga, goresan, atau bintik ruam. Apalagi kalo kulit anaknya putih bersih. Rasanya digigit nyamuk yang bekasnya cuma seper sekian mili mili mili mili milimeter diameternya bikin KZL banget.

Kebetulan juga Rey lahir dengan kulit yang nurun Ayahnya (alhamdulillah banget ga item nurun emaknya). Seneng kulitnya cerah, tapi begitu ada satu gigitan nyamuk aja di tangan sakseis membuat akika senewen. Belum lagi 1st world problem buat mommies itu bernama ruam popok. Beberapa kali deh liat pantat bayi memerah di awal-awal abis lahiran. Makin gede makin jarang sih ruam popok, tapi berganti jadi keringet ‘buntet’ di leher sama punggung *fiuh*. Rasanya kok rauwis uwis ya masalah kulit ini, bikin lelah hati hayati tiap liat kulit Rey ada bekas luka atau gigitan nyamuk.

Setelah googling sana sini, nanya sana sini dan semedi *yang ini boong*, akhirnya ketemulah dengan beberapa krim yang bikin jatuh hati.

Lucas Papaw Ointment 

Pertama tau krim ini pas googling dan patroli ke forum emak-emak. KZL banget pas awal Rey lahir trus ada bekas gigitan nyamuk geday binggo. Gue uda parno aja bakal terus-terusan ngebekas ampe gede😦 . Akhirnya carilah krim yang aman buat bayi dan lebih ‘natural’ kandungannya. Menurut review buibu di berbagai forum, semua menyarankan pakai Lucas Papaw Ointment. Kandungannya lebih alami yaitu dari buah pepaya yang difermentasi. Krim ini sih ga dijual di apotek kaya Century ataupun Guardian, gue pertama dapat krim ini di online shop khusus perlengkapan bayi. Harganya lumayan eims, yang 75gram sekitar 200rebuan. Tapi awet sih gue paling banter 8 bulan baru abis, pakainya tipiiis banget kan buat bayi. Dan terbukti lho, begitu kena gigitan nyamuk (pas masih merah gitu) dioles tipis dan taraaa ilang. Kalau yang uda terlanjur menghitam bisa ilang cuma agak lama. Krim ini juga bisa buat menyamarkan luka habis kebakar dan melembabkan bibir. Tapi sih so far dipake kalo Rey digigit nyamuk aja sih, moga ga ada aneh aneh kena lukanya hihi aamiin.

Australia-Lucas-Papaw-Ointment-for-Burns-Scar-Pimples-Bites-Cracked-Skin-75g-Free-Shipping

Sebamed Baby Cream

Siapa sih yang tau merk kenamaan Sebamed? kayanya mostly bayi yang kulitnya sensitif di-suggest buat pake sebamed. Awal mulanya gue bingung pas Rey kena ruam popok. Padahal ya uda dikombinasi siang popok kain dan malem pospak, tapi teteup aja kena rash. Setelah patroli lagi di forum emak-emak ketemulah sama Sebamed Baby Cream. Sengaja engga pake yang Sebamed Rash Cream, karena mikirnya kalo baby cream aja uda ampuh ga usah lah ‘naik level’ ke Rash Cream, lebih bersahabat juga harga di kantong😆 . Dan alhamdulillah dengan Sebamed Baby Cream cepet banget ruamnya ilang dan anaknya jadi ga rewel lagi. Sebamed Baby Cream ini harganya juga lumayan, untuk ukuran 100ml biasanya harganya sekitar 130 ribuan. Dan krim ini juga ga cuma buat ruam popok, biasanya biang keringat pun juga bye bye pakai sebamed baby cream.

sebamed-baby-cream-extra-soft-a-800x800

Diprogenta

Beberapa minggu yang lalu Rey diaper rash lagi😦 dan kali ini lebih parah karena sampai timbul infeksi kulit. Anaknya sih rewel dikit tapi hati hayati hancur banget pas liat pantat-nya memerah bentol-bentol hiks. Akhirnya gue bawalah dia ke DSA langganan, dan bener karena infeksi bakteri di kulit. Sama DSA disaranin ga usah pakai pospak dulu sampai lukanya sembuh. Yah itu-itung sih potty training, tapi gagaaaal ahahahha bok! gue ampe lelah gantiin dia celana eerrrr. Liat tumpukan cucian langsung pengen pengsaaaan😆 . Sama DSA diresepin juga salep Diprogenta, dioles tipiiiiiiiis banget tiap habis ganti celana atau popok kain. Kebayang kan gue gantiin dia berapa kali? berjuta-juta-juta-juta kali😐 . Akhirnya salep dengan ukuran 10g yang gue beli dengan harga 100rebuan ini habis dalam dua hari. Tapi yah salep ini beneran tokcer banget, dalam dua hari itu langsung loh bentolnya kempes dan mengering. Jadi selebihnya gue kasi sebamed buat alusin kulitnya yang pada ngelupas. Untuk salep ini saran gue sih pake resep dokter aja, walopun bebas juga di jual di apotek. Karena kalo diliat kayanya lumayan keras juga ini salep.

Diprogenta ointc14e6eb1-79f6-461d-bb08-a54600a00fe5

Eniwei, sebenernya banyak sih tips tips tradisional untuk menghilangkan bekas luka, kaya pakai kentang, lemon dll. Cuma balik ke pribadi sih hehe. Biasanya gue ga sabaran jadi kalo digigit nyamuk gue prefer lucas papaw ketimbang dikasi minyak tawon yang katanya juga bisa ilangin. Insya Allah juga Lucas Papaw ini aman sih di bayi setelah banyak baca review nya, karena badan aslinya juga pepaya yang difermentasi. Kalo kalian gimana tipsnya buat ilangin bekas luka di kulit bayi?🙂

4 thoughts on “Menghilangkan Bekas Luka pada Kulit Bayi

  1. Dewo says:

    Hamim juga pakai lucas papaw untuk bekas gigitan nyamuk No side effect.

    Sedangkan untuk ruam popok biasa pakai bepanthen.

    Kalau diprogenta memang khusus untuk rash yang sudah disertai proses infeksi, karena ada kandungan antibiotiknya.

  2. Desi says:

    Dulu anak pertama pake bephanten aja udah ilang ruam2 popoknya..eh anak kedua malah ga mempan pake apapun..dari mihil ampe yg murce..ternyata mempannya pake bio oil..langsung ilang ga berbekas ..emang kondisi kulit anak juga beda2 juga kali ya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s