Potty Training 101 : Memilih Training Pants

Setelah bisa sedikit ‘bernafas’ lega melalui masa-masa suram nursing strike, ASIX, anak GTM dan akhirnya menyapih. Sepertinya aku ga bole berlama-lama di zona nyaman mak-emak, aku harus kuat mental dan fisik menghadapi horor selanjutnya dalam dunia per-ibu-ibuan yang bernama

POTTY TRAINING

*nangis sambil peluk diapers*

Awalnya aku niat mau mulai umur eeeeem sebelum dua taun lah memulai potty training. Yah tapi niat hanya niat, banyak banget alesannya ibu Woro ini 😆 yang bulan-bulan ujan lah, yang repot karena belum stok training pants lah, yang ‘sayang dong sama diapers yang uda dibeli’ (mana dapet gratisan 12 kantong Pampers Premium Care dari The Urban Mama pula 😆 ) makin-makin lah males nya.

Pas ada acara syukuran di Daycare-nya Rey, aku ketemu sama owner-nya. Langsung ‘ditembak’ pertanyaan ‘Rey uda mulai potty training belum mom Woro?’ eerrr ahahahahha aku kabur aja deh 😆 . Dan ga lama abis itu, aku dapet message di WA group Daycare, list nama anak-anak yang sudah HARUS mulai potty training. and yes Rey masuk di dalam list itu *tutup muka pake serbet*. Oke baiklah ga bole seribu satu alesan lagi.

Apa sih apa sih yang harus disiapin? hoiiya mental ibunya. Ga ibunya aja sih, secara Rey 5 hari seminggu ke daycare jadi sih lebih ke mental Nanny-nya 😆 . Ibu? yah dua hari ajalah Sabtu Minggu, itu aja uda bikin panas dingin bayangin selalu ngepel sana-sini *fiuh*. Setelah siap mental (siap ga siap lha wong uda dikasi deadline sama Daycare nya haha) akupun mulai cari-cari training pants buat Rey. Ada sih teori yang menyebutkan lebih efektif pakai celana biasa, biar anak bisa merasa risih kena pipis atau pup nya. Tapi aku mengikuti peraturan di Daycare saja, karena kan ga anakku aja yang disitu dan memudahkan Nanny beberesnya juga kalo pakai Training Pants.

 Sebeumnya ada temenku yang nanya beda Clodi sama Training Pants ini apa. Sebenernya sih prinsipnya sama, sama-sama reusable gitu. Bedanya kalo Clodi modelnya popok kalo TP itu celana. Selain itu lapisan TP lebih tipis dibanding Clodi yang pipis beberapa kali masih bisa nampung. Kalo TP begitu dipipisin ya basah ga bisa dipakai lagi, cuma ga ngerembes aja ga ngucur ke lantai langsung. Jadi anaknya tetep ngerasa sih celananya basah.

Sebelumnya aku beli merk …. apa yah lupa, abisan logo merk nya mirip Lafazh Allah jadi langsung aku gunting. Mana buat celana lagi kan kena-kena pipis atau pup, bener-bener geram banget sama yang bikin logo. Ini harganya murah 75ribu dapat dua.

So far TP ini lumayan lah, dipakai (kayanya) enak aja sama anaknya. Kalo kita pegang agak kasar luarnya, mirip rasanya kalo pegang sprei yang waterproof  itu lah. Kalo dalemnya sih lumayan tapi agak kasar dikit sih, dibanding Mom and Bab.

Setelah banyak cari tau di forum dan bacain review akhirnya aku kepo juga sama TP nya Mom and Bab. Awalnya sih cari di Toped atau IG, tapi ga jodoh mulu 😦 . Tiap nemu tokonya, kalo ga motifnya tinggal cewe doang atau ga ukuran buat Rey ga ada 😦 . Yah biarpun ini cuma celana dalam yah, tapi emak-emak (rempong) macam aku ini juga ga mau lah Rey sampai pake celana dalem motif bunga-bunga pink. Akhirnya thanks to Della yang udah kasih tau ada toko Mom and Bab di GMM. Ih aku kemana aja sih kalo ke GMM ga pernah ngeh ada toko ini 😆 .

Harga Mom and Bab lebih mahal, 95ribu dapat dua. Tapi bahannya beda, lebih lembut 100% katun halus. Kalo kita pegang bagian luarnya ya kaya celana dalam bayi biasa, ga kaya yang waterproof gitu. Dan juga bagian dalamnya lebih lembut dibanding dengan merk yang aku beli sebelumnya.

Kemarin setelah galau sama semua toko yang ga jual Mom and Bab motif cowo, temenku kasih tau kalo TP merk Cuddle Me juga lumayan. Aku liat-liat sih harganya lumayan lah ya 75ribu dapat 2, trus motifnya juga banyak yang unisex jadi sepertinya bisa dicoba 🙂 .

Kalo mamak-mamak sekalian, ada rekomendasi merk TP apalagi? 🙂

Advertisements

9 thoughts on “Potty Training 101 : Memilih Training Pants

  1. Inda chakim says:

    Kalau pakai ini jd lbh enak ya mbk, paling gk si kecil jd lebih aman wktu bljr toilet training dan trus kalau tb2 ngompol dan pi2snya bnyak, trs dia jln2, jd gk kepeleset,

  2. Yulia ES (@yuliayulijo) says:

    Mbak, yang logo reviewnya mirip lafadz Allah yang mana? Kok seram yaa.. Btw, aku awal2 juga pake training pants. Dan samaaa niatnya udah dari umur 1.5 tahun haha, baru mulai pas 2 tahun ini. Awal2 pake training pants tapi kayanya dia nggak nyaman soalnya ternyata kekecilan heuhu akhirnya pake celana dalam biasa aja deh yang warna warni jadi dia lebih sukaa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s