Traveling by The Train with Toddler

Sebenernya ini bukan kali pertama Rey naik kereta ke luar kota. Sebelumnya kita pernah dari Bandung ke Jakarta naik kereta, tapi sampai stasiun daaaaaaaaaan sepanjang perjalanan Bandung Jakarta dia tidur. Jadi sekian dan terima kasih yah kesan-kesan naik keretanya.

Nah beda cerita sama kemarin, kita ke naik kereta dari Gambir ke Cirebon di jam-jam dia baru melek-meleknya (lebih tepatnya dipaksa melek karena musti mandi pagi-pagi). Perjalanan yang kita tempuh lumayan lah 3 jam, dan yang namanya bawa anak kecil perlu banget nih dipikirin persiapannya naik kereta biar ga repot nantinya. Berkaca dari pengalaman naik kereta sebelumnya, ini ada sedikit tips and trick buat persiapan perjalanan kereta sama si kecil :

1. Datang Lebih Awal

Klasik banget yah, tapi beneran ini penting. Berdasarkan peraturan PT KAI yang baru, jika kita bepergian menggunakan kereta dan membawa infant (anak gue masih keitung infant yah belum 2 taun) kita harus mengurus tiket infant ini di hari H. Matek ga lo, bayangin antrian loket go show di stasiun gambir aja akuh sudah pusiang. Ribet banget? embwer. Dulu kita bisa pesen tiket infant via online juga, nah mulai bulan lalu peraturannya berubah. Jadi caranya, kita print tiket dewasa dulu kemudian ke loket buat bikin tiket infant baru print lagi tiket infant nya. Kebayang kan 3 kali antri, kalo ga dateng lebih awal pasti terbirit-birit secara kereta sekarang tepat waktu banget. Oiya, dan jangan lupa bawa copy KK atau Akte Anak karena suka ditanya juga sih.

img_1875

Selain masalah tiket, dateng lebih awal karena gue juga pengen bisa sembari nyuapi Rey dan itung-itung ngenalin suasana stasiun dulu sebelum berangkat. Liat kita ke loket, liat orang lalu lalang bawa koper, ngerasain ke toilet stasiun dan liat-liat kereta yang lagi parkir. Rey seneng banget tiap ada KRL yang lagi lewat dan muter-muter mulu sepanjang stasiun liatin rel ahahha penting abis.

2. Siapkan Hiburan Selama di Kereta

Anak pasti mati gaya sih naik kereta gitu lebih dari sejam. Manalah Rey masih belum tertarik sama pemandangan, jadi Ibu nya kudu banget siapin hiburan biar dia tetep anteng di kereta. Karena perginya hari Sabtu Minggu, jadi bole nonton Youtube. Jadi yasudlah dari rumah siapin batere penuh di tab. Plus beberapa mainan yang bisa dia mainin misal pesawat kecil atau hotwheels. Rey alhamdulillah anteng aja gantian kalo ga nonton video dia main pesawat atau ga sekedar jalan-jalan di lorong gerbong. Sisanya tidur sampai Cirebon.

3. Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Seperti halnya orang dewasa, anak kalo uda bosen main pasti bawaannya minta makan. Jadi jangan lupa juga siapin cemilan dia selama perjalanan. Karena perjalanan kali ini ga lewat makan siang, jadi gue bawain ceral, biskuit dan susu UHT. Jadi sepanjang perjalanan itu Rey nonton sembari ngemil, uda syanthaaay banget kek di pantai ya Bang.

4. Bawa Selimut atau Jaket

Ternyata di kereta itu dingiiiin banget neik. Dikiranya perjalanan siang bakal panas yah, tapi ternyata akuh salah. Lumayan bikin meler juga AC nya. Alhamdulillah Rey dari rumah emang pake jaket, tapi pake celana pandek ihiks. Jadilah pas dia tidur diem-diem gue tutupin selimut (aka kain bedong) soalnya dia pasti ngamuk kalo tau pake selimut. Nah begitu kita sampe di Cirebon, alamaaaaak panas banget. Rey mukanya ampe memerah saking panasnya.

6. Siapkan Toiletries di Tas Kecil yang Mudah Dijangkau

Karena kalo di kereta sebagian besar barang ditaro di kabin atas, nah perlu banget bawa satu tas kecil yang isinya toiletries buat ditaro di samping tempat duduk. Kalo kita pergi biasanya bawa-bawa koper, pisahinlah toiletries kebutuhan anak ini di tas kecil. Jadi misal di perjalanan dia mau pup atau pipis kita ga perlu repot-repot bongkar tas atau koper. Isi dari tas kecil ini kalo gue biasanya, beberapa diapers, tisu basah, tisur kering, kantong plastik (buat buang diapers bekas), sabun cair, dan baju ganti. Karena biasanya Rey kalo ganti popok di toilet dia suka curi-curi kesempatan guyurin badan dia pake air kalo pas emaknya meleng eerrrr. Jadi satu set baju ganti wajib hukumnya. Selain itu bisa juga bawa minyak telon buat diusap usap ke perut atau punggung semisal di perjalanan dia jadi agak kembung karena dingin.

Jadi untuk para new mom yang macam gue  worry kalo ngajak anaknya perjalan jauh dengan transportasi umum, tenang yah anak ga selamanya bikin pusing kok. Asal kita kondisikan dia senyaman mungkin dia malah bisa enjoy diajak kemanapun. Cheers!

Advertisements

One thought on “Traveling by The Train with Toddler

  1. Karina kawaii says:

    Seru bangets reyhan kapan2 jalan2 naik kereta yuks ama Aisyah. Kalo aisyah udah sering naik kereta commuterline 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s