My First Parenting Class with Keluarga Kita

Sudah jadi emak-emak ya rasanya kalo uda mulai cari-cari parenting class gini😆 . Sejujurnya gue selalu penasaran kaya gimana sih parenting class itu? boring ga sih dengerin orang ceramah (langsung kebayang kuliah ahaha). Tapi kok kayanya emak-emak yang ikut parenting class itu ilmu parentingnya suka wuih wuih gitu.

Kebetulan, beberapa minggu lalu Riri (salah satu temen geng Birth Club January) ngajakin ikut parenting class yang diadain sama Keluarga Kita. Tema-nya lagi pas pula tentang ‘Disiplin Positif’ dan lokasinya di Jakarta Selatan. Mengingat usia Rey yang makin bertambah, kebutuhan dia bukan cuma makan banyak dan tidur cukup. Hal-hal yang diperhatikan tidak lagi masalah berat badan, tinggi badan, motorik kasar, motorik halus. Tapi sudah mulai harus dipikirin sikapnya, psikologisnya, sosial emosionalnya dll. Cus lah gue mengiyakan ajakan sis Riri buat daftar ke Parenting Class nya Keluarga Kita.

Pas mau daftar barulah ngeh, ternyata salah satu inisiator parenting class kali ini adalah Aunty Dhiesta. Owner daycare tempat Rey sehari-hari dititipin hihi🙂 . Acara nya diadain hari Sabtu dari jam 11 sampai jam 2 dan berlokasi di Hospitalis Cafe di daerah Kebayoran Baru.

Ternyata jauh dari bayangan kalo bakal boring selama acara. Acara parenting class ini zuper seru! Dibawain dengan cara yang santai dan bebas aja kalo di tengah-tengah ada yang mau sharing. Kesempatan banget deh langsung pada curcol 😆 . Sambil makan santai aja, ngobrol-ngobrol plus tetep dapet ilmunya.

Parenting Class kali ini bener-bener membuka wawasan lebar-lebar, kalo menjadi orang tua itu tidak melulu anaknya gemuk, anaknya lincah. Tapi bagaimana sih kalo anaknya ga mau balikin mainan ke kotak mainan, kita orang tuanya harus gimana sih? Gimana sih ngadepin anak yang ketagihan gadget? dan poin penting gimana sih nerapin disiplin sejak dini tanpa ada paksaan ke anak. Super banget sharing nya! asli🙂 . Bener-bener ga sabar buat ikutan kelas selanjutnya.

Beberapa poin yang menurut gue perlu banget di highlight dari tema Disiplin Positif adalah,

  1. Mengkritik anak dengan cara yang benar dan dapat menumbuhkan perilaku baik anak, bukan malah menjatuhkan mentalnya/menghakimi , contoh : Kamarmu berantakan bukan Kamu memang pemalas!
  2. Say no to sogokan. Kalo kebanyakan orang tua akan membujuk anaknya melakukan sesuatu dengan iming-iming, ini salah banget. Case paling umum kenapa sih orang banyak puter balik di jalan yang jelas-jelas ada tanda dilarang putar balik. Karena apa? yap! tidak ada polisi. Karena mereka tidak tau kenapa sih ga bole puter balik? oh bikin macet, oh bikin kecelakaan dll. Sama halnya jika kita bilang ke anak, adek makan sayur yuk kalo uda makan sayur ibu kasih mobil-mobilan. Anak jadi taunya makan sayur itu syarat buat dapat mainan. dsb dsb.
  3. Ciptakan peraturan yang deal antara anak dan orang tua. Contoh, kalo sudah jam 9 malam tidak boleh nonton TV. Satu kata kuncinya KONSISTEN. Kalau sekali saja anak diberikan ‘kelonggaran’ maka dia akan berpikir ‘ah jam 9 ga tidur juga gapapa’…’ah kemaren nonton TV sampai malem juga gapapa’ dan akhirnya bubar jalan aturannya.
  4. Puji secara spesifik, ini yang kadang kita suka lupa🙂 . Bahwa setiap pencapaian anak yang berbeda usahakan memuji dengan cara yang berbeda juga. Misal, si anak laporan bisa menggambar pesawat tadi di sekolah. Maka puji gambarnya, warnanya, dll.
  5. Disiplin itu bisa diterapkan sedini mungkin. Bahkan ketika kita sebagai orang tuanya pun masih menganggap ‘ini anak ngerti ga sih?’ mereka sebenarnya sedang berkembang jauh lebih cepat dari dugaan kita. Dan tentunya hasilnya ga instan sih, pastilah butuh proses jadi tetep konsisten dan semangat kakaaaaak!

Happy banget berkesempatan dengerin banyak sharing dari para orang tua yang hadir. Dan yang bikin kaget bin seneng adalah Aunty yang tiap hari urusin Rey pun dateng. Jadi merasa tenang aja kalo yang sehari-hari ngasuh Rey pun punya ilmu yang sama (atau bahkan lebih banyak ahaha) dari saya ibunya sendiri🙂 .

IMG_0789sama dua Aunty dari Daycare🙂


mommies January kece dan Aunty Dhiesta

Satu hal yang gue setuju banget dari prinsipnya Keluarga Kita

Parenting is not personal, the way we raise our children will affect the society.

Jadi emang penting banget kalo kita sama-sama berusaha mendidik dan membesarkan anak-anak kita dengan ilmu yang baik dan lengkap demi kesejahteraan masyarakat di masa mendatang🙂 . Haduh jadi ga sabar nunggu kelas selanjutnya, buat yang pengen tau info-info bisa langsung ke web nya Keluarga Kita ada banyak juga materi disana.

3 thoughts on “My First Parenting Class with Keluarga Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s