Nursing Strike Isn’t The End of The World

Been there,done that🙂

Buat kita sebagai ibu, ‘ditolak’ anak sendiri itu lebih menyakitkan dari apapun. Kalo harus melihat dan merawat baby yang sakit, heart breaking sih tapi setidaknya kita masih bisa peluk-peluk dia, gendong-gendong dia. Tapi kalo kita deketin aja ga mau? Duuuuh rasanya hancur berkeping-keping ya rasanya *lebay*.

Jadi ceritanya bermula dari hari Kamis sore. Ketika gue pulang kerja, seperti biasanya begitu gue ngucap salam Rey pasti langsung jingkrak jingkrak happy banget. Kemanapun gue pasti diikuti sambil ngerangkak kesana kemari. Gue copot kerudung, copot softlense pasti dia gelendotan di kaki gue. Kangen bangeeet ya bang🙂 . Beres mandi biasanya kita main-main dulu. Nyanyi lagu favoritnya twinkle twinkle litte stars atau Satu satu aku sayang ibu. Kadang bacain buku sambil dia dipangku, anteeeeng banget sampe cerita abis. Kadang manjatin badan, tarikin rambut atau gigitin pipi pura-puta cium tapi taunya gigit zzzzzzz. Pokoknya happy banget kalo pulang kerja main sama Rey. 

Capek main dan ngantuk, akhirnya Rey minta minum susu. Okeeee proses breastfeeding berjalan normal. Kelar minum susu dia masi mau main lagi ternyata. Berdiri diri di kasur dan mule muter-muter. Ga lama abis itu minta susu lagi, gue pikir ini bakal terakhir karena emang uda jam tidur juga. Di tengah-tengah num susu ternyata dia gigit-gigit puting. Reflek gue ngejerit sambil mencet idungnya (hasil googling kalo digigit pencet idung agar bayi membuka mulut). Dia kaget dan diem langsung malingin muka. Setelah kejadian itu dia semalaman sama sekali ga mau num susu lagi. Lebih milih tidur ga pake minum susu, gelisah jilatin sprei dan bantalnya. Begitu gue mendekat dia malah jadi nangis jejeritan dan meronta-ronta😦 .

Pagi harinya ternyata masih ngambek😦 , bahkan kalau biasanya dia bakal menepis tangan Bibi pas mau gendong kali ini malah nyariin Bibi terus😥 . Seharian ngantorpun ga tenang dan patah hati banget rasanya. Pulang kantor sengaja seceria mungkin nyapa dia, and still dia masi muram sambil melukin Bibi terus. Malem harinya pun sama, ga mau minum susu lagi hiks akhirnya karena ga tega tengah malem gue minta tolong Rafdi angetin ASIP yang di kulkas. Daaan 200ml pun cepet banget habisnya, keliatan gimana hausnya dia tapi tetep kekeuh ga mau nen lagi.

Hari Sabtu gue seharian ‘deketin’ dia, Bibi gue minta ga muncul depan dia dulu. Sambil coba pelan-pelan nawarin susu sesering mungkin ke dia. Hasilnya masih sama, dia jejeritan dan meronta-ronta ketika gue mendekat hiks sedih banget rasanya. Seharian itu dia sama sekali ga mau senyum. Makan abis banyak, bobo anteng dan akhirnya guepun nyeraaaah kasi ASIP aja kalo uda jam tidur. Balik lagi ke jaman awal lahiran, tiap dua jam sekali harus pumping karena PD cepet banget kencengnya dan nyut nyutan sakit.

Perasaan uda ga karu-karuan, sedih banget liat anak sendiri nangis kelaperan tapi ga bisa nyusuin. Dada makin sakit karena ga bisa bener-bener kosong. Dan semakin berusaha deketin Rey, dia semakin brontak dan nangis semacam ketakutan😥 . Pikiran uda macem-macem, mikir bakalan eping (exclusive pumping) or even worse kasi sufor kalo terus-terusan gini. Rasanya uda ga tau lagi harus gimana, putus asa banget. Mompa ASI sambil nangis liatin Rey yang lebih milih bobo tanpa minum ASI.

Akhirnya sore hari Rafdi ngajakin ke Konselor Laktasi di Hermina Galaxy. Kita konsul ke Dr. Bintari. Setelah ceritain kejadiannya, dokter menyimpulkan kalau Rey sedang mengalami Nursing Strike. Atau bahasa gampangnya dia lagi ngambek dan trauma sama proses menyusu ini. Walopun apa yang disampain dokter juga uda gue baca di internet, entah kenapa bawaannya jadi lega, semangat ada harapan dan ga putus asa lagi. Karena menurut dokter nursing strike itu hal yang wajar. Tapi memang berat dan bikin stres si ibu dan bayi nya.

Pulang dari konsul, gue mengikuti saran dokter untuk melakukan ‘pedekate’ lagi sama Rey. Kita berdua di kamar seharian tanpa ada gangguan, even itu Ayah nya. Lama kelamaan Rey mau mendekat, mau dipeluk dan usel-usel mukanya ke dada gue. Kata dokter goalnya ga usah langsung berhasil menyusu, bayi mau mendekatpun sudah progress. Nanti pelan-pelan dia akan ingat lagi. 

Untungnya sih (selalu ada untungnya) gue mengalami ini pas Rey usia MPASI. Jadi walaupun kurang asupan ASI, at least uda ketutup sama makanan dia. Dan alhamdulillahnya lagi stok ASIP masi banyak. Tapi ya tetep aja, nursing strike itu kerasa nightmare banget. Sebagai working mom buat gue breastfeeding itu momen yang sakral banget. Bisa pelukin Rey, sambil nyanyiin, sambil bacain surat-surat pendek. Setelah seharian ninggalin dia, nyusuin sebelum tidur itu momen yang sangat gue tunggu banget.

  
Alhamdulillah setelah dua hari full sama gue, Rey akhirnya mau balik nyusu lagi. Walaupun awal-awal harus nunggu dia ngantuk dulu. Lama-lama uda balik normal lagi. So buat buibu yang mengalami nursing strike kuncinya jangan panik, mungkin beberapa hal ini bisa dicoba :

  • Bonding skin to skin sama baby, berdua aja di kamar tanpa ada yang ganggu
  • Jangan terlalu panik ketika asupan ASI yang didapat anak kurang dan memilih memberikan ASIP. Itu salah banget, karena anak akan menemukan comfort sucking bukan dari payudara Ibunya tapi dari botol
  • Sesering mungkin tawarkan ASI, tapi kalau baby nolak kita ga usah paksa, karena itu akan membuatnya semakin trauma
  • Ajak baby bermain sampe dia bener-bener happy deket sama Ibunya
  • Pelan-pelan coba susuin dalam keadaan baby mengantuk, karena biasanya pas ngantuk baby ga bisa nolak susu
  • Kalaupun harus ASIP gunakan sendok atau cupfeeder
  • Paling pentiiing Ibu jangan stres, karena suasana hati Ibu juga mempengaruhi bayinya
  • Jangan berfikir si anak sedang menyapih diri sendiri, percayalah anak tetap akan mau dekat dengan ibunya

Happy breastfeeding mom🙂

    7 thoughts on “Nursing Strike Isn’t The End of The World

    1. Siti Lutfiyah Azizah says:

      Alhamdulillah ya udah mau ngedeket lagi R nya..🙂

      Nice sharing loh mba, makasih… Nambah wawasan kalo pas anak lahir ntar, hehe..

    2. neng fey says:

      baru tau ini wor, soalnya anakku dua2nya ga ada yg kek gini, yang ada malah emaknya yang trauma ga mau mimik susu karna digigit mulu hahaha, deg2an klo pas mo mimik

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s