MPASI : Dairy Product

So far MPASI Rey masih mulus, no GTM. Hamdalah

Jadi karena sudah memasuki usia 7 bulan, setelah konsul sama DSA akhirnya Rey dikasi lampu ijo untuk cobain dairy product. Oiya baidewai, ada beberapa referensi yang menyebutkan pemberian daging sapi sebaiknya di usia 8 atau 9 bulan ke atas. Ada pula yang bilang boleh dari mulai 6 bulan. Kalo kaya gini pakai insting Ibu ajalahnya. Gue sendiri mulai ngenalin Rey daging sapi pas usia 7 bulan, sebelumnya ayaaaaam setiap hari hahaha cian Rey.

Beberapa DSA ada pula yang ngeresepin penambah zat besi misal Ferriz ke bayi bayi ada juga yang ga. Macem DSA nya Rey. Jadi gue menyimpulkan (dengan sotoy bin insting Ibu) harus kasi daging merah sebagai sumber zat besi buat Rey. Anaknya mau? Hamdalah dia apa aja asal itu makanan ya dimakan😆 .

Selain mulai cobain daging sapi giling, Rey juga cobain butter, keju dan yogurt. Semuanya bertahap tentunya. Butter yang gue pakai merk Orchid yang Unsalted. Butter ini dicampur di bubur, baunya enaaaaaak banget suwer deh haha. Setelah butter aman (4 days rule masih pakai) next cobain Yogurt. Setelah memilih dan menimbang akhirnya beli yogurt Biokul yang Plain. Intinya merk apa aja asal Plain dan halal, yah itu prinsip. Alhamdulillah anaknya mangap mulu padahal agak asem kan yogurt😆 . Setelah aman baru terakhir cobain Keju. Gue sendiri pilih keju cheddar merk Diamond. Kenapa Diamond? Yah katanya sih Kraft terlalu asin buat bayi dan baby cubes belum ada halal MUI nya. Jadi sekarang makanan Rey agak ada rasa asinnya lah ya ga sehambar sebelumnya.

Hasil dari konsul ke DSA bulan lalu, ternyata porsi makan Rey kurang. Karena less than 30 min uda ludes. Saran DSA porsi makan perlu ditambah tapi jam makan tetap (3 kali makan berat dan 1 kali snack buah). Sekarang Rey makan satu mangkok penuh Pigeon Food Maker bisa abis ludes. Dan selain itu tanda porsi makan anak kurang adalah kalo malem suka rewel, uda minum ASI pun masi rewel karena memang makanan dia kurang.

Di usia 7 menjelang 8 bulan gigi Rey uda ada tiga. Rombongan boook numbuhnya! Tekstur makanan pun juga ditingkatkan. Yah walopun tekstur makan ga ada hubungannya ama gigi. Contoh anak anak yang menganut BLW. Jadi untuk bubur tetap dimasak di slow cooker, plus daging dan tahu atau kacang-kacangan selama 8 jam. Sayuran biasanya gue rebus terpisah biar kandungan gizinya ga ilang kalo dicampur di slow cooker masaknya kelamaan. Bubur ga lagi disaring, tapi sayuran masih perlu disaring. Lumayan sih dia latihan ngunyah daging dan bubur beras yang masi agak agak kasar dikit teksturnya (karena ga disaring).

Makin semangat nyusun menu makanan Rey. Belajar banyak tentang asupan nutrisi buat anak. Biarpun masakannya belum ribet tapi lumayan juga nyiapinnya malem malem pulang kerja pas Rey bobo.

Penutup ini foto Rey lagi sarapan bareng Olip dan Atar. Sesama #JanuaryBabies yang sama sama tinggal di Bekasi hihi. Seru banget secara emaknya ketemu di socmed (The Urba Mama) pas bayinya lahir bisa sarapan bareng sambil ngobrol tuker info info perbayian. Semoga next bisa ngadain ultah akbar buat #JanuaryBirthClub ini yay!

5 thoughts on “MPASI : Dairy Product

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s