Bayiku Kuning

Bukan kuning karena warna kulit, kali ini BabyR kulitnya kuning karena bilirubin di darahnya tinggi. Yep! Sebulan lalu…….setelah tiga hari dilahirkan. Memang sih dari awal semua orang uda bilang sakit kuning buat bayi itu biasa, tapikaaaaan namanya anak sendiri tetep aja sedih.

Hari ketiga itu memang kulit BabyR keliatan agak kuning plus jadi males nyusu, maunya tidur terus. Setelah cek darah bilirubin dia tinggi di angka 17.5 dan dok memutuskan untuk fototerapi. Sedih? Bangeeeet. Kata dok bukan faktor ASI karena alhamdulillah ASI gue lancar. Banyak faktor lainnya kaya dia lahir sc, dia ga bisa dijemur karena ujan mulu atau karena gol darah dia sama dengan ayahnya.

Setelah tiga hari melahirkan dan diminumin pelancar ASI, sukses bikin PD gue bengkak dan akhirnya gue belajar pumping sama suster. Belom beli breastpump sendiri karena mikirnya selama gue cuti gue bisa susuin langsung. Ternyata pemikiran itu salaaaah! Sedia BP sedini mungkin lah. Awal mompa uda lumayan dapet 50ml dalam waktu………dua jam hiks.

Hari itu gue sendiri uda bole pulang tapi BabyR ga, dia harus disinar dalam waktu 2 x 24 jam dan baru dilihat hasilnya. Rasanya hampaaaaaaaa pulang ke rumah tanpa gendong baby. Sepanjang malem gue nangis aja liatin foto BabyR. Bahkan pas gue balik dari RS gue ga mau liat dia di NICU, gue ga tegaaaaa😥 akhirnya Rafdi yang ke atas buat setor ASIP yang gue pompa di RS tadi.

IMG-20150212-WA0000

Perjuangan dua jam….sekarang segini alhamdulillah less than 10 min

Another problem, karena disinar itu bikin haus so BabyR butuh stok ASIP lebih banyak lagi. Dan langsung suster nawarin sufor. Rafdi awalnya nolak banget, tapi karena tau gue bakal lebih stres pumping kejar setoran di hari ketiga lahiran akhirnya dia ttd buat kasi sufor, dengan catetan ASIP gue diutamain kalo kepepet baru sufor. Sampe rumah gue makan sedikit banget sambil nangis dan coba pumping lagi hasil pinjeman BP kaka ipar. Rafdi ga henti hentinya semangatin gue biar gue ga stres dan ASI lancar. Malem itu berhasil dapet 100ml dengan perjuangan 2 jam. Kelar pumping Rafdi ke RS buat setor ASIP, lagi lagi gue ga brani liat BabyR😦 .

IMG-20150212-WA0001

Ga sampe hati liatnya😥

Paginya dengan seperangkat pumping gue ke RS sama Rafdi. Niatnya seharian itu gue mau susuin langsung plus pumping kalo BabyR bobo. Pertama liat dia disinar dengan cuma pake diapers gue langsung nangis. Biarpun suster bilang dia nyaman disinar tapi liat kulit dia yang mule kering banget bikin gue makin stres dan sedih. Tapi alhamdulillah BabyR pinter nyusunya dan guepun bisa lebih lancar stok ASIP karena pumping samping dia. Nyatanya ASIP gue cukup kok buat BabyR, bahkan besoknya pas baby boleh pulang gue bawa balik lagi 150ml yang belom keminum plus Enfamil yang masi utuh…..kepikiran pengen nyumbangin deh sayang uda kebeli.

Pas dicek dokter dibilang BabyR kok agak pucet tapi masi normal, dan begitu Rafdi muncul dok nya bilang ‘ah….bapaknya aja putih ya wajar anaknya gini warna kulitnya’ , jadi putih apa pucet? Ahahaha. Gini ya namanya Ibu ga akan sampai hati liat anak sendiri sakit😦 .

Love

PINK

19 thoughts on “Bayiku Kuning

  1. Arman says:

    sama kayak andrew. bilirubinnya 18. jadi mesti fototerapi. sampe 3 atau 4 hari waktu itu. dan iya sama… kita pas pulang sampe nangis jadinya karena bayi yang udah pulang mesti masuk RS lagi… hiks.

    pas emma juga kuning, tapi bilirubinnya gak setinggi andrew. 11 kalo gua gak salah inget. jadi akhirnya pake jemur aja bisa turun.

    andrew ama emma dua2nya kuning karena golongan darahnya gak compatible ama golongan darah esther.

  2. bemzkyyeye says:

    Millie dulu bilirubin nya 16, kudu nginep 2hr di rs. Bikin gw ga bs ngapa2in selain nangis😦

    Untungnya abis itu sih cpt turun nya.. Pas Lea kuning jg tp cuma 12 jd ga perlu nginep. Tiap hr gw jemur smpe hideung hahahaha

    Sehat2 trs yah baby R🙂

  3. Bibi Titi Teliti says:

    Worooooo….
    duh..aku syediiiih bacanyaaa😦

    Kebayang sih, maksud hati pengen segera pulang dan segera memeluk BabyR tapi ternyata masih belum bisa kesampaian😦

    Semangat terus yah Wooor, dan jangan terlalu stres, soalnya nanti suka pengaruh ke ASI mu juga…
    Mudah2an babyR sehat2 terus yaaaah🙂

  4. vivi says:

    jangan sedih mbak woro. pengaruh bgt ke asi. walaupun hebat bgt bisa dapet 100ml. dulu anakku disinar 8 hari (bayangin gosongnya gmn). i feel you banget. sc, bayi kuning, stres. tapi insyaAllah sehat terus kok. dl anakku sampe tiap minggu cek darah dan di usg hati karena sampe 4 bulan kuningnya ga turun2. tetap semangat ya!!! semoga sehat terus ya semuanya.

  5. Dila says:

    Hi mbak woro, salam kenal yaaah. Congrats baby bornnya ♥. Dulu anakku jg billirubinnya sampe 18, harus di fototerapi 36 jam.. penyebabnya krn ABO incompatibility. Gol darah aku O, sedangkan dia pas lahir ngikut babenya A. Kegilesss deh karena O kan lbh superior. Baby blues parrrahhh.. nangis mulu kerjaan, apalagi pas liat my tiny winy lil blue man hehehhee. Tp nanti kalo udh selese ftterapi dan billirubin turun akan baik2 saja kok. Semangaaaaat ♥♥♥

Leave a Reply

