KPR

Ngelanjutin dari postingan sebelumnya tentang Rumah Impian, tahapan selanjutnya yang bikin mules adalah KPR. Ya alhamdulillah lah ya kalo ada yang bisa beli rumah pake cash keras aka langsung lunaaaas. Gue dan Rafdi ga ada lah pilihan laen selaen jadi budak KPR😆 . Dalam hal KPR ini gue sama Rafdi ga ada namanya banding-bandingin KPR yang ditawarkan berbagai macam bank, kurang nya lebih nya. Karena kebetulan developer Bogor Raya cuma bekerja sama dengan satu bank yaitu BTN. Bank sejuta umat dalam hal per KPR an😐 .

pengajuankpr

Kaya yang gue ceritain di postingan sebelumnya, Bogor Raya ini agak resek dalam hal DP dll. Jadi aturannya begini :

– Kalo kita mau booking unit kita busa bayar uang tanda jadi sebesar 2,5 juta. Tapi uang ini tidak mengikat harga rumah yang naik tiap awal bulan. Akibatnya kita sendiri yang harus menyesuaikan besar DP yang akan dibayar, karena ga bisa rubah plafond yang kita ajukan ke Bank.

– Kalo mau ngikat harga rumah kita bisa bayar 5juta. Tapi……setelah bayar 5 juta, seminggu berikutnya kita wajib bayar DP. Kalo kita ga bayar itu DP (karena nunggu SP3K dari Bank misal) per harinya kita kena denda seper seribu dari besar DP yang akan kita bayar. Rese kan? Dan kalo SP3K kita gagal di Bank, maka DP yang harus kita bayar hangus 50% plus masih tetep bayar denda.

Akibatnya senewen dong gue sampe itu SP3K keluar, gue harus rela ngitungin denda gue sambil berdoa KPR gue disetujui Bank. Secara syarat pengajuan KPR sih standar yang, ada KK, surat nikah (kalo  mau join income), KTP, NPWP, Slip Gaji 3 bulan, Surat Pengangkatan Pegawai Tetap dll. Semua berkas ga ada yang masalah lah ya, yang masalah itu kita musti baweeeeeeeeeeeel ke marketing perumahan buat nge-push bagian Loan di BTN nya. Hampiiiiiiiiir tiap hari gue reminder tuh marketing, demi menjaga ga jatoh banyak banyak denda gue. Kenapa gue meilih denda aja? yah kalo apes apes nya KPR gue ga lolos gue ga ilang DP 50% kan yah?

Akhirnya setelah sebulan SP3K gue keluar juga di bulan April, legaaaaaaa rasanya. Ga lega pas liat nilai yang harus dibayar😆 . Pas SP3K keluar dari bank gue dapet rate bunga 11,5% flat 1 tahun. Setelah DP kita bayar ke developer, tahapan selanjutnya marketing yang akan jadwalin kapan akad kredit dengan BTN. Waktu itu gue lagi hamil 1 bulan, beuh pas banget deh ini anak hadir nya. Pas ortu nya dapet rumah dia baru nongol🙂 . Akad kredit di BTN Bogor dihadiri pihak Bank dan pihak developer plus notaris.

Nah dalam proses akad kredit ini macem macem yang kita alami, antar developer bisa beda. Kalo case nya temen gue, pas akad dia masih bayar sendiri notarisnya trus bayar surat surat tanah gitulah. Sedangkan gue ga bayar apapun selain bawa materai 6000 sebanyak 15 lembar. Semua notaris dan surat surat tanah semua uda include di harga rumah. Apesnya temen gue itu ga dikasi tau di awal, jadi dia kaget aja pas ditodong suru bayar ini itu😐 . Ini yang gue bilang enaknya beli rumah di developer yang terkenal, biar dia segambreng peraturan (karena punya nama) dia clear prosesnya. Alhamdulillah nyaaaaaa (mungkin rejeki baby) pas akad kredit ternyata rate bunga lagi turun, jadi SP3K gue direvisi rate nya dari 11,5% menjadi 10,5% hihi lumayan kaaaaan😀 .

Trus pas tanda tangan semua perjanjian, pastikan perkataaaa dibaca dan dipahami baik baik. Kalo perlu ga ttd sampe kita bener-bener paham itu pasal perjanjian maksudnya apa. Kontrak yang gue dapet rumah gue akan diserah terimakan dalam waktu maks 1 tahun dari proses akad, kalo telat itu developer akan bayar denda ke gue. Tapi alhamdulillah akhirnya rumah jadi 6 bulan lebih cepet dari tanggal yang dijanjikan🙂 .

Semoga bermanfaat yah info KPR ini, mariiii rajin bayar cicilan😆

Love

PINK

6 thoughts on “KPR

Leave a Reply

