Kapan Menikah?

Lagi rajin posting…YES! hahaha mumpung ada waktu. Mumpung ga lagi drama ngurus KPR perumahan yang ra kelar kelar, tapi insya Allah bentar lagi kelar deng haha alhamdulillah. Jadi menyambung dari agak risihnya gue ditanyain mulu ‘Uda isi belom?’…..’Kapan rencana punya anak?’. Yah, walopun ga begitu santer terdengar secara nikah juga baru berapa bulan sih, gue jadi kepikiran jangan jangan bukan cuma gue yang risih sama ‘perhatian’ semacam ini dari orang lain.

wpid-picsart_1353813280007image from here

Dulu jaman gue sama Rafdi masih pacaran, seriiiiing banget ditanya kapan nikah. Ya secara bok kita pacaran aja uda hampir 5 taun…ibarat nyicil mobil juga uda kelar hoahahahaha. Cuma karena saat ditanya begitu gue dalam kondisi ‘punya pacar’ jadi ga terlalu pusing. Ibaratnya hambatan kita ya cuma masalah kesiapan dan waktu aja, dan usia kita yang masih sangat muda *cuih* bikin kita sante aja toh temen sekelas juga banyak yang belom nikah. Uda kek nilai ulangan aja patokannya temen sekelas😆 .

Coba kalo pertanyaan sakral ‘kapan nikah?’ ditanyain ke orang yang sudah lumayan berumur dan ‘belum’ menemukan calon pasangan? Gue sama Rafdi emang ga terlalu suka sih sama pertanyaan kapan-menikah ini. Buat kita itu terlalu sensitif buat seseorang. Jadi kita kalo ketemu temen lama pun ga pernah nanya kapan nikah? baik iseng maupun kepo beneran.

Gue punya temen sebut saja Sarah, umur si Sarah ini uda cukup lumayan. Ibarat nikah umur 24an dia uda punya anak 2 gue rasa. Sarah ini lulusan dari salah satu univ negeri paling TOP di Indonesia, mana dia sangaaaat pintar. Karirnya sangat sangat cemerlang, bahkan dia pernah jadi ‘rebutan’ dua perusahaan besar karena saking pinternya. Awalnya gue berpikir, orang kaya Sarah ini emang uda ga mikir lagi masalah jodoh. Secara hidup uda mapan, dan uda eeem maaf….umurnya tua. Tapiiiiih aku salaaah kakaaaak!

Beberapa bulan lalu gue ketemu dia. Gue suka banget ngobrol sama dia karena buat gue dia pinter sangaaaaat dan dari gaya ngomongnya itu kelihatan dia orang yang berpikir jauh ke depan (terutama hal pekerjaan). Abis ngobrol sama dia gue berasa bego aja pokoknya ahahaha. Setelah ber-ah-oh dengerin kerjaan dia yang sungguh ‘gila’ dia bilang ‘yah Wor….sebenernya gue sih ga pengen terus terusan kerja gini’ …..‘loh kenapa? bukannya uda enak kerjaan yang sekarang?’…….’tau ga Wor, cita cita gue itu sebenernya cuma pengen jadi guru TK ahahahhhaha’……duuuuh! *buang ijazah*. Pas gue tanya kenapa guru TK secara kerjaan dese aja manager sekarang, dan dia cuma jawab ‘Iya wor, abisan gue suka anak kecil…..nanti kalo uda punya suami gue antara ga kerja atau jadi guru TK aja (yang baliknya cepet)’. Rasanya pengen nelen sendok deh saking kagetnya. Gue baru tersadar, deep down inside her heart dia juga masih punya harapan bisa menikah dan merawat keluarga …..plus ninggalin karir. Gue berpikir pasti banyak juga yang mikir kek gue kalo cewek kaya Sarah ini milih ga nikah karena mengejar karir, padahal aslinya juga dia pengen ‘normal life’ nikah berkeluarga dll dll. Dan mengingat umurnya yang cukup matang, dari remaja ke dewasa kira kira berapa pertanyaan ‘Sarah kapan nikah?’….uda berapa kali ya ditanyain ke dia? dan gimana dengan perasaan dia sih? *jadi melow sendiri*.

Mungkin orang-orang yang suka nanya kapan nikah berpikir bahwa orang akan cuek cuek aja ditanya begitu. Hih situ ga tau apa perasaan cewe sehalus sutera? Atau kaya case nya Sarah sampe ada yang nanya ‘Eh lo kerja mulu, kapan nikah nya?’ dan lo masih berpikir itu pertanyaan standard buat basa basi? *tempeleng pake gergaji*. Mungkin kita ga tau aja gimana dia juga selalu kepikiran mau nikah, tapi yang keliatan di mata orang lain dia lagi enjoy sama kerjaan dia.

Pernah gue nanya ke salah satu temen gue juga yang sampe sekarang belum nikah karena belum punya calon pasangan ‘Lo sebenernya marah ga sih kalo pada nanyain kapan lo nikah?’…..‘ya sebel lah Wor, emang dikira kita ga beban apa ditanya begitu biarpun gue suka jawab sambil becandaan tapi tetep aja jadi kepikiran’. Mungkin sih mungkiiiin orang orang yang suka nanya kapan nikah itu sebagai basa basi pas baru ketemu atau bingung memulai pembicaraan. Mulai sekarang ganti deh basa basi nya, ga melulu kapan nikah kapan hamil kapan punya anak lagi. Kalo sama temen lama dan bingung gimana basa basi nya bisa kan dengan ngebahas hal hal yang disukai temen kaya misalnya ‘Eh gimana lo masih suka warna pink?’….atau …’eh gimana lo masi suka koleksi tas tas dan sepatu?’……. Be creative lah, standard banget nanya kapan nikah mulu. Kalo emang mau nikah juga nanti situ dikabarin keleus kaga perlu nanya nanya terus kek nagih utang. Coba mulai berpikir gimana rasanya belum bisa nikah karena belum ada calon, belum bisa nikah karena masih ngumpulin modal dll dll. Nikah dan punya anak adalah hal yang personal bin sensitif, be careful🙂.

Love

PINK

7 thoughts on “Kapan Menikah?

  1. ndutyke says:

    Bener bgt. Pertanyaan ‘kapan ini kapan itu?’ Itu basa-basi standar yg BASI banget dah, hahaha. Ayo dong people, be creative dan berempati sedikit, hihi

  2. Arman says:

    hahaha… emang kadang ada aja orang yang suka basa basi tidak pada tempatnya… tapi kita gak bisa melarang /menghindar orang mau ngomong apa, tapi yang bisa kita lakukan adalah.. jangan dimasukin ati.😀

  3. Bibi Titi Teliti says:

    Woooor…
    emang gak kelar2 sih urusannya kalo ngadepin yang kepo mah…
    bahkan kalo udah punya anak pun masih ditanya, kapan nambah?
    Duh, terserah akikah aja keleus…hihihi..

    Aku juga punya temen kayak Sarah gitu juga lho Wor…
    Karier nya bikin ngiriiii, jalan2 ke luar negeri teruuuus, dan terakhir ini malah sampe keliling eropa segala…dan masih single.
    Tapi setiap kali aku aplod poto Kayla atau Fathir dia pasti komen dengan nada penuh kangen gitu…yah memang gak ada yang sempurna yaaah😦
    Harus banyak bersyukur aja kayaknya mah🙂

  4. desweet26 says:

    eymmbeerrr…kaga ada kata2 laen selaen nanya kapan dan kaan yak😀
    gue juga kalo ketemu temen lama, pantang deh nanya2 detail, biarkan dia yang cerita sendiri nantinya…karna gue tau banget rasanya dulu sering ditanya2 begitu huhuhuhu *curcool*

Leave a Reply

