Seigo Dakgalbi

Apa sih tuh?

Kalo dari segi bahasa ketebak lah ya ini bahasa mana…..yap! Koreaaaa *nari nari sama Big Bang* ahahaha. Segitu kencengnya invasi budaya Korea ya ke Indonesia, ga cuma dari sisi musik, make up sampe makanan pun uda mule menjamur disini. Dan sebagai anak gahul kekinian penasaranlah gue sama makanan Korea ini. Pokoknya mau enak ga enak, doyang ga doyan yang penting pernah makan makanan Korea dulu lah *prinsip!*😆.

Minggu lalu gue janjian sama Rafdi di stasiun Cawang, karena gue dari Bogor. Ngacir lah kita ke Green Tebet buat buka puasa. Pas liat-liat ada resto Korea di lantai 2 dan tempatnya lumayan bagus, tapi agak sepi. Masi mengusung semangat ‘ga gaul kalo ga pernah makan makanan Korea’ itu lah akhirnya gue masuk ke resto Seigo Dakgalbi. Tempatnya luas kursinya warna biru merah dengan meja warna putih, biar mirip warna bendera korsel meureun yah. Gue pilih meja yang ngadep ke arah tol dalam kota. View-nya oke banget cocok buat ngobras ngobras cantik sama temen. Plus lagi ada wifi bo’ endang bambang deh pokoknya. Kenceng koneksinya dan ga pake RTO RTO-an pokoknya manteeeep!.

Giliran mau pesen makan baru bingung, mampus ajalah ga ada yg familiar sama makanan Korea gini😆. Berhubung lagi puasa kan pasti laper-nya ampun-ampunan yah, jadilah kalap mata. Kalo pesen gimbab kan cuma nyangkut di gigi doang, akhirnya kita pesen dakgalbi. Sejatinya kita berdua ini juga ga tau apaan sih dakgalbi ahahahhaha pokoknya asal gambarnya porsi gede ajalah😆 *cetek!*. Setelah gue cari tau di gugel baru ngeh apa itu Dakgalbi.

Dak galbi, also romanized dalk galbi, is a popular Korean dish generally made by stir-fryingmarinated diced chicken in a gochujang(chili pepper paste) based sauce, and sliced cabbagesweet potatoscallionsonionsggaennip, and tteok (rice cake) together on a hot plate.

Selaen dakgalbi kita pesen juga toekbuki sebagai cemilan. Cemilan tapi rasanya pedes😆. Setau gue Toekbuki ini kue beras yang dimasak pake bumbu pedes manis. Betul kan Nov? mbak mbak penjual Toekbuki di kampus IPB Dramaga hihi. Begitu pesenan dateng, dweeeeng! mbak-nya bawa wajan geday bener isinya daging sama sayur-sayuran yang selanjutnya disebut Dakgalbi itulah. Gue ama Rafdi bengong ga nyangka sih segeday ini ahahahhaha. Laper sih laper tapi kalo segede itu ga abis juga berdua😆.

IMG_0343Dakgalbi sebelum dimasak

Mbak-nya cuma naroh wajan dan nyalain kompor trus ngacir pergi. Gue yang norse bin udikpun bingung. Lhaaaaa ini gimana? gue yang aduk aduk? ato gimanaaa??? *heboh sendiri*. Ga lama kemudian muncul lah mas-nya yang bawain semacem penutup buat tuh wajan biar pas dimasak tuh makanan ga bececeran kemana-mana. Dan si mas-nya muleee menumiiiiiiis dengan semangat 45! Merdekaaaa!!!

IMG_0344Mas nya sadar kamera banget sih? hoahahaha

Beginilah penampakan dakgalbi setelah dioseng penuh semangat sama mas-nya. Meraaaaaah semua!

IMG_0345Owalaaaa! this is it! dakgalbi ala chef Mas-sadar-kamera

Gue sih uda kebayang banget pas makan di resto Korea akan ada suasana yang kaya-kaya di drama Korea itu. Dengan sumpit besi dan sendok khas Korea itu, lha dalaaaaah pas keluar dong itu sendok kaya sendok warteg! Luluh lantaaaah lah semua angan-angan gue mau makan bak artis-artis Korea itu *buang sendoknya* * pungut lagi*. Hermansyah deh, ini resto uda Korea abis dengan lagu-lagu Big Bang yang menggema di seluruh ruangan kenapaaaaaaa harus pake sendok warteg siiih??? -__-. Tapi walau bagaimanapun, walau pake sendok ala warteg tetep lah gue makan. Yakali uda pesen dan laper-laper ga jadi makan.

Rasa dakgalbi-nya pedes asem, akhirnya gue ambilin ayam sama cumi-nya doang sayurannya gue tinggalin. Makan dakgalbi sekali nyuap pengenn buru-buru minum, karena rasanya yang ‘kuat’ abis. Saran gue sih pilih minuman netral kaya teh atau aer putih lah ya buat makanan yang rasanya kuat gini, dan juga mending ramean karena ini sungguuuuuuh geday abis porsinya😆. Kalo toekbuki-nya gue lumayan suka karena ada rasanya manisnya, dan kue berasnya kenyal enak gitu🙂.

IMG_0346Toekbuki

Harganya standard lah ya, untuk Dakgalbi karena gue pesen yang seafood reguler harganya sekitar 70rebuan dan toekbukinya sekitar 40rebuan. Ga kalah penting nih, Seigo Dakgalbi halal boooooo…..jadi ga usah takut-taku ada ibab-nya😆. Mungkin laen kali perlu nyoba gimbab kali yah biar lebih syah jadi anak gaul kekiniannya😆.

Happy weekend all🙂

Love

PINK

16 thoughts on “Seigo Dakgalbi

  1. Vera says:

    Klo sendok emang masi nyesuaikan dg indo krn target seigo kan bukan buat org koreanya, klo sumpit besi ada, bisa minta ke pelayan. Menu yg kira2 cocok di lidah kita bimbimbap, sundubu jiggae.

    Ikutan foto2 a la koreanya ga woro? Hihihi…

  2. Arman says:

    hahaha gpp lah gak pake sumpit besi tapi pake sendok warteg yang penting makanannya enak kan…😛 btw sendok warteg tuh maksudnya kayak gimana toh? bukannya di warteg biasanya ya pake sendok biasa yang silver gitu ya?

  3. della says:

    Kalo gue, berhubung pernah kerja sama orang Korea dan sering disuguhin makanan sono, gue udah memutuskan bahwa lidah gue gk cocok, wkwkwk..
    Makanya gue terpaksa nolak lamaran Donghae waktu itu *delusional parah*
    Kapan-kapan balik cobain menu laen, Wor😀

  4. Desi says:

    Worooo…gue juga bulan lalu diajak makan ama si bos keSeigo Dakgalbi…*pecinta gretongan*😀

    kalo dakgalbinya lumejen deh ya..apalagi kalo di campur nasi..jadi kayak nasi goreng gitu…nom nom nom… :))

    next time cobain deh gimbabnya..lumayan enak juga kok..;))

Leave a Reply

