Ramadhan Pertama di Jakarta

Pertama kali menjalankan ibadah puasa di Jakarta dan dengan status sebagai karyawati itu sunguuuuh beda sama ramadhan ramadhan yang sebelumnya. Selaen melawan hawa nafsu, ga bole makan dan minum dll dll dll sebagai manusia yang tinggal di Jakarta tentunya kita harus menghadapi godaan teeeeeeeeeerbesar selama puasa…..TRAFFIC JAM! Gimana ganasnya abang abang metromini dan sepeda motor yang makin seenak jidat aja.

Well, walaupun sampai hari ini gue belom berpuasa because of my period muahahahhahaha😆 tapi tetep aja kena imbasnya macet ala bulan puasa. Dulu semasa masa gue kuliah di IPB, kalo sahur gampang tinggal pesen makanan ke salah satu warung deket kosan dan dianterin sekitar jam 3 pagi. Jadi gue masih bisa merem melek sambil makan di kamar. Lha sekarang? gue harus memasak sendiri buat sahur😐. Sebenernya ada sih warung di deket kosan, cumaaaan malesnya itu loh jalan jalan ke warung plus berdiri antri dengan mata yang masi berat serasa digelantungin emaknya kingkong. Makadarit gue masak ajalah sendiri, ketimbang masak cuma nasi doang lauk mah tetep beli malemnya mahahahahah atau ga pake lauk lauk kering gitu *nasib anak kosan*.

Hari Senin kemaren, hari kerja pertama di bulan puasa *walopun gue ga puasa yah* jalanan macet khas ‘Hari Senin’ dan bertambah macet juga karena (mungkin) orang-orang pada berangkat agak siangan mengingat pada abis sahur pasti tidur-tiduran dulu *salim sama yang ngaji abis subuh dan ga tidur lagi*. Gue dari Pengadegan ke Pancoran cukup ditempuh dalam satu jam….oke SATU JAM! giling deh. Padahal sepi sih 10 menit sampe…ck ck ck Jakarta yaaaah. Di sepanjang jalan ke Bapindo gue entah abis digigit lalat tse tse apa gimana, rasanya buka mata aja susah beeng. Padahal ga sahur dan ga sholat subuh loh tetep aja ngantuuuk luar biasa😐. 

Sampe Bapindo setelah hampir 2 jam perjalanan, dan…..kantornya sepi aja gitu *krik*. Entah efek puasa apa gimana yah, ini orang-orang pada ga ngobrol sampe treak-treak kaya biasanya. Cuma diem, ngobrol dikit, diem lagi begitu terus sampe jam pulang kantor. Pas jam jam 4 orang-orang kantor yang berniat berbuka puasa di kantor dulu sebelum balik, uda apda heboh ke lantai bawah buat ‘berburu’ ta’jil. Ada juga yang nitip ke OB buat beliin ta’jilnya. Berhubung gue ga puasa *walopun tetep ga pake makan siang, cuma minum doang* toh ga masalah lah ya kalo gue jam 6an masih di jalan. Jam 5 teng! langsung ngibrit pulang sama mba Al. Dan begitu juga liat jalanan Sudirman arah Thamrin….masya Allaaaaaaaaaaaah itu ga gerak sama sekali aaaaaaaaaaaaak! Mobil mobil, sepeda motor dan bis bis bejubel semua….dan.gak.gerak. Uda kepalang tanggung sampe bawah, gue terusin aja nyebrang di jembatan GBK yang uda ruame luar biasa. Ga lama abis itu ada kopaja 66, ga terlalu rame tapi….semua tempat duduk uda keisi penuh. Yasutralah toh gue cuma mau naek sampe Plaza Semanggi.

Gue berdiri bersama 3 cewe laennya yang apes ga dapet tempat duduk. Perjalanan dari depan Bapindo sampe ke Semanggi yang cuman selemparan kolor itu serasaaaaaaa perjalanan lintas provinsi. Oke agak lebay, tapi sumpah yaaaaa itu bener-bener ga gerak sama sekali. Gue ngebayangin gimana yah rasanya yang lagi puasa trus berdiri di kopaja dan harus berurusan dengan macet yang luar biasa ini. Sampe di depan Semanggi gue langsung liat metromini 640 yang agak kosong, akhirnya gue turun dari 66 dan buruan lari ngejar metromini 640. Hoho! gue dapet duduk dong yes! ahahahahahhaha. Secara ya kalo sampe gue berdiri di metromini 640 dari Semanggi sampe Pancoran bisa bisa diamputasi tar kaki gue😆. Dan bener dong itu jalanan dari Semanggi sampe perempatan Kuningan macet parah rah rah rah, sampe segala mobil mobil dan bis uda masuk ke jalur busway tetep aja macet. Sabar sabar yah pengguna busway harus nunggu sampe lama karena jalurnya dipake.

Baru sampe di depan gedung Jamsostek ternyata uda adzan magrib, mbak mbak samping gue langsung minum es dan makan gorengan yang emang ditenteng dia sedari tadi. Bersyukur bangeeeet gue dapet duduk, karena bener bener jalanannya ga gerak samsek. Ternyata yang bikin macet adalah antrian kendaraan yang mau masuk tol dalam kota, jadi imbasnya kemana-mana. Lewatin pintu tol sampe ke Pancoran sih lancar jaya. Buat pelajaran kalo besok besok balik mending buka puasa dulu deh gue di kantor dari pada stres di jalanan dan ga keburu dapet magrib. Sebagai penghuni baru Jakarta kayanya harus tau jam jam macet luar binasa selama bulan puasa itu kapan aja.

Einiwei, selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim di seluruh dunia. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT🙂.Maaf lahir batin yah semuanya.

Love

PINK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s