A Lesson Learned

Postingan kali ini di-sponsori oleh rasa galau dan gundah gulana yang teramat sangat😦.

Sehubungan dengan gue yang akhirnya ‘ditinggalkan’ oleh partner kerja gue, satu-satunya partner kerja gue di project kali ini karena dia harus pindah ke bank lain yang lebiiih menjanjikan masa depan *naon* rasanya pikiran campur aduk mikirin kerjaan. Bukan kenapa-kenapa sih kalo geu ditinggal temen kerja, secara bisa digantiin sama yang laen. Lha ini? project ini dari awal di-handle sama Tata (System Analyst) dan Mas Faizal (programmer), yang mana ditengah-tengah project Tata ‘dilempar’ ke Commonwealth Bank dan gue dijadiin ‘tumbal’ ke user-user yang segambreng itu.

Awalnya sante sahaja, secara mas Faizal paham ham ham sama segala business requirement system ini. Jadi gue tinggal baca dokumen dan kalo ga ngerti tinggal nanya. Walopun tetep puyeng sih, namapun bukan gue yang bikin requirement tapi dengan adanya orang yang dari awal negrjain project ini gue jadi agak tenang.

Sebulan lebih gue handle project ini berdua doang sama mas Faizal, dia programmer nya dan gue system analyst nya. Gue nemenin user ngetes, kalo ada error gue tinggal lapor ke dia. Gampang? kelihatannya. Nyatanya gue tetep belajar nih system ngapain aja, gimana aja, databasenya gimana, endebras endebros karena kalo user nanya guelah ‘tumbal’nya yang harus jawabin. Untungnya gue dikasi partner mas Faizal, selaen dia emang uda senior dan pasti jago dia juga orangnya gampang di’hubungin’. Gue kalo ada apa-apa tinggal bbm dia dan responnya cepet banget. Jadilah gue ga takut ‘dibantai’ user karena gue uda diajarin ngeles😆.

Beberapa kali gue sering ngeluh curhat, susah banget sih ngadepin user-user yang jagooooo ngeles luar binasa. Gue sebagai anak bau kencur di dunia kerja, paling cuma ho-oh ho-oh doang kalo lagi ‘dipojokin’ user, padahal sebenernya gue bisa membela diri. Gue sering diajarin gimana gue ga bole ‘lemah’ dalam hal kaya begitu, gue harus bisa (istilahnya) lempar balik bola-nya ke user kalo lagi diskusi. Challenge balik wor!😆

Kadang kalo sambil kita bug fixing gue suka dinasehatin, gimana gue harus bisa strong dan ga manja kalo lagi ada masalah di kerjaan. Gue diajarin cara push si user tapi tetep dengan cara komunikasi yang baik dan sopan. Diajarin cara debuging program kalo lagi ada error dan dia ga disitu. Gimana loyalitas kerjaan itu penting buat kita sendiri, buat masa depan kita pas lamar kerjaan lagi haha. Gimana ningkatin communication skill kalo lagi kerja dsb dsb dsb.  Kata-kata yang selalu gue inget

Kalo lo mau maju, jangan jadi orang dengan ‘mental tempe’. Lo harus bisa kuat di situasi kerja kaya apapun.

Well…..dulu gue pernah dapet satu tim sama senior programmer. Pinter cerdas luar biasa. Bahkan hasil analisis gue aja masih suka dianalisis lagi sama dia. Temen-temen di kantor bilang dia emang ‘suhu’ nya programmer. Dari dia gue belajar banyak masalah teknis kerjaan. Gimana bikin analisis yang baik dan benar, gimana bikin test case yang bagus dsb dsb dsb. Dan hebatnya lagi, si bapak ini sangat-sangat sabar dan mau ngajarin temen kerjanya yang emang ga bisa. Ga semua loh mau susah susah ngajarin orang, kadang kalo uda ngerasa bisa dia diem aja. Bukan cuma karena ga mau ngajarin, tapi kadang suka males ribet aja nerangin ke orang…apalagi orangnya kaya gue😆.

Selama kerja sampai saat ini, banyak banget ilmu baru yang gue dapet. Dari orang-orang sekitar yang baik, yang uda mau membagi ilmunya. Alhamdulillah nya gue ketemu orang-orang macem begini. Gue bisa dapet pengetahuan masalah softskill gue juga dapet pengetahuan masalah teknis. Kalo dipikir-pikir, ga semua orang mau repot-repot mentransfer ilmu mereka ke orang lain. Kalo masalah softskill dan teknis, yah peduli amat sih sama orang laen? biar aja dia mau gimana bukan urusan kita ini. Banyak bukan yang berpikir begitu, toh bukan siapa-siapa kita. Makanya gue merasa sangat beruntung banget bisa ketemu rekan kerja yang kaya begini. God bless them.

Semoga gue bisa menjadi orang yang jago ‘lempar balik bola ke user’ biar ga dibantai mulu ahahahahhaha. Cepet kelar dan cepet bebas gue nya😆 amiiiiin.

Love

PINK

Leave a Reply

