Rest In Peace

Pastinya semua orang akan bergidik ngeri begitu menderngar kata ‘kematian’. Seperti yang diajarkan dari jaman kita masi kecil juga kan, kita datang dariNya dan akan kembali padaNya , kematian itu akan datang pada semua makhluk hidup. Betapa sedihnya, betapa beratnya ketika kita harus ‘kehilangan’ orang yang kita sayang.

Beberapa hari terakhir, orang-orang terdekat guepun merasakan sedih dan beratnya kehilangan seseorang yang mereka sayang.

Pertama adalah meninggalnya ibu Endang Rahayu Sedyaningsih -atau gue lebih akrab dengan panggilan bu Enny- yang tak lain dan tak bukan adalah mantan Menteri Kesehatan KIB2 dan juga bude dari pacar gue Rafdi. Sebenernya bu Enny sudah sakit kanker paru dari Oktober 2010 seperti yang banyak diberitakan, tapi sebulan lalu penyakitnya ini semakin parah. Beliau di rawat di RSCM, beberapa kali Rafdi menjenguk dengan keluarganya. Gue waktu itu pengen ikut jenguk tapi apa daya harus lembur di hari Sabtu. Hari Minggu kemaren pun gue uda siap-siap mau ikutan Rafdi sama kakaknya yang mau ngejenguk, tapi lagi-lagi ga bisa karena ada keluarga gue lagi kumpul di rumah Bogor.

Rafdi selalu cerita gimana keadaan bu Enny, selalu berdoa semoga bu Enny diberikan kesembuhan. Dalam keadaan sakit yang cukup parah, bu Enny masih sempet nanyain satu persatu….anaknya….keponakannya dan bahkan kerjaan dia. Terakhir Rafdi ngejenguk -sebelum akhirnya meninggal- katanya bu Enny kondisinya sudah turun drastis, bu Enny uda susah ngeliat. Pas si Rafdi bilang ‘ini abang bu Enny’ barulah bu Enny ngeh itu siapa yang lagi ngejenguk dia. Keadaannya makin buruk dari hari ke hari.

Sampai hari Rabu (2 Mei 2012) kemaren, om gue bbm nanyain apakah bener bu Enny uda ‘ga ada’ soalnya banyak diberikatan begitu. Gue bilang aja engga, soalnya kalopun uda ga ada Rafdi pasti ngasi tau gue dan emang kan media suka simpang siur beritanya. Abis gue chat sama om gue, sekitar sejam kemudian Rafdi ngechat ngasi tau kalo bu Enny emang bener-bener uda ‘ga ada’ lagi, dia tau dari mba Wina. Gue langsung buru-buru ijin sama PM gue sebelum di-iya-in apa ga gue kabur aja. Rafdi jemput gue pake taksi, dan langsung menuju ke Duren Sawit (rumah bu Enny). Disana masi sepi, cuma rame sama orang-orang yang benerin rumah buat menyambut jenazah. Rafdi galau, dia mikir harusnya kita ke RCSM aja cuman gue mikir sih mending nunggu di Durwit aja toh nanti juga pada kesini semua.

Sekitar jam 2 lebih, rombongan jenazah lengkap dengan iring-iringan pun dateng. Tangisan dan lantunan ayat-ayat suci bergema menyambut kedatangan jenazah. Gue sama mba Wina sama mba Tya berdiri di deket pintu menyambut jenazah (Rafdi uda entah kemana gue ga tau). Wartawan pada nemplok semua di kaca kaya lalet, berusaha ngambil gambar jenazah. Menurut gue ga ada bagian yang lebih bikin mewek menyayat-nyayat hati selain ngeliat mas Wanda. Jadi ceritanya ini mas Wanda (putra ke 2 bu Enny) lagi sekolah di Swiss, dia belum berkesempatan balik ke Indo sampe hari itu. Menempuh perjalanan 14 jam, berharap dia bertemu dengan bu Enny tapi apa daya mas Wanda nyampe Indo 2 jam setelah bu Enny tiada. Masi dengan jaket lengkap (baru nyampe banget) dia buru-buru masuk ke rumah, berdiri di samping jenazah bu Enny…..diem…..matanya ngeliatin jenazah bu Enny daleeeeeeeem banget sambil nahan nangis. Gue disitu langsung banjir nangis, ngebayangin gimana sedihnya mas Wanda😦. Sorenya rame pelayat baik itu dari keluarga, tetangga maupun pejabat pada dateng buat sholat-in jenazah.

Gue emang baru mengenal bu Enny setelah gue pacaran sama Rafdi. Bu Enny di mata gue adalah orang yang baik dan ramah juga cerdas (kaya yang semua orang tau). Kata Rafdi, dulu sebelum gue dikenalin beliau sempet nanyain (ke Rafdi atau ke mamanya gue agak lupa) ‘kenalin dong pacarnya abang yang mana’ dan gue baru berkesempatan kenalan sama bu Enny pas ada Family Gathering (Amazing Race to Banyumas) taun lalu. Itupun mamanya Rafdi pasti ngingetin ‘ayo salim dulu sama bu Enny’ di tiap kesempatan gue ketemu bu Enny. Pas gue ngantri mau ambil makan dan kebetulan bu Enny ada di belakang gue, otomatis gue persilahkan dong beliau ngambil duluan tapi beliau cuma senyum dan bilang ‘udah ga apa apa ambil aja duluan🙂’. Daaaan yang paling bikin gue terharu adalah pas ada acara pengajian menyambut bulan Ramadhan di rumahnya. Setiap ada acara keluarga gitu pastilah ya ada acara foto-foto, nah pas giliran foto-foto untuk anak cucu Rafdi majulah ya dia kan cucu juga tapi gue diem aja pas diajakin Rafdi secara gue belum bukan ‘keluarga’. Bu Enny dateng nyamperin gue dan bilang ‘ikut aja fotonya, gapapa…uda boleh kok ikut foto keluarga’….yes…she is very kind person🙂.

Gambar

Bu Enny di Amazing Race to Banyumas

Rest in Peace bu Enny…. terima kasih atas jasa-jasanya untuk bangsa Indonesia🙂

Love

PINK

2 thoughts on “Rest In Peace

  1. nida nurhamida says:

    Pantesan woro pas alm ibu endang dbawa k kementrian kesehatan gw liat rafdi, gw fikir rafdi emang kerja dsitu, taunya yang meninggal itu bude nya rafdi yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s