Halal atau Haram?

Lagiiii…yah ini berita terdengar lagi, kenapa gue bilang lagi? karena konon kabarnya ini sudah pernah santer terdengar beberapa waktu yang lalu. Kita (khususnya) orang muslim tentulah maunya makan makanan yang Halal (kalo perlu yang udah di cap HALAL sama MUI), tapi kadang kesini-sini (termasuk gue sendiri) agak ‘kurang’ perhatian apakah produk makanan itu sudah ada cap Halal MUI apa belum, sampe akhirnya gue follow twitter @halalcorner.

Pas lagi iseng buka-buka timeline gue nemu tweet dia (lupa capture yah, mohon maab) ngejawab pertanyaan seseorang di twitter tentang ke-halal-an sebuah produk donat yang sekarang lagi ngeheeeits itu. Dia bilang, si produk donut yang rasanya yummy, teksture nya lembut dan rasanya endes itu (geblek! ngetik begini laper sendiri gue) belum bersertifikasi Halal dari MUI, sialnya yaaaah gue baca tweet itu pas gue PMS dan ngidam abis pengen beliiiii aaaaaaaaaaaaaa *die*

Mungkin kalo kita pikir, yaudah sih yaa donat doang bukan daging babi pasti halal-halal aja….eits jangan salah MUI punya standar sendiri kan dalam menetapkan ke-halal-an suatu produk. Gue mati-matian (sedikit lebay) dari info tentang ke-halal-an donat tersebut daaaan sampe saat ini gue belom nemuin info kalo produk itu uda dipastiin halal. Satu lagi yaitu toko roti yang juga lagi ngeheits di mall mall, konon kabarnya dulu pernah dapet sertfikasi Halal MUI tapi tidak diperpanjang terhitung 2005 kalo ga salah, mati looo gueeee mana gue doyan lagi dua-duanyaaa jajan apa niiiiih. Kalo mau aman beli donut mending balik lagi ke Dunkin Donut karena itu uda terjamin ke-halal-annya. Bagi yang masiii kurang yakin nih ada artikel laen yang gue dapet pas googling klik.

Semoga segera dapet sertifikat halal yah biar kita aman beli-belinya (sambil bayangin ngunyah donat almond-nya).

« أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ ( يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ) وَقَالَ (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ) ». ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِىَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ ».

Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu baik. Dia tidak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ Dan Allah juga berfirman: ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang Telah menceritakan kepada kami telah kami rezekikan kepadamu.'” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan tentang seroang laki-laki yang telah lama berjalan karena jauhnya jarak yang ditempuhnya. Sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.” Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dengan makanan yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan do’anya?.” (HR. Muslim no. 1015

Have a nice day everyone😀

Love

PINK

3 thoughts on “Halal atau Haram?

  1. sisil37 says:

    iya sie serem banget kalo bahas hal haram-halal
    tapi denger dari dosen,,, untuk mengurus cap halal dari MUI itu tidak murah dan tidak segampang minta tandatangan dosen (dosen aja uda cape ngejer” )

    tapi kalo diliat dari rumah produksi yang udah gede dan ternyata status halalnya belum ada, patut dicurigai tuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s