Jogja oh Jogja

Wozaaaaaaaah! sungguh dari dulu gue cinta sama kota ini JOGJA! (atau kalo dalam bahasa jawa Ngayogjakarta). Gue bukan orang Jogja tapi sangat tergila-gila dengan bahasa, dialek, dan kebiasaaan masyarakat Jogja yang kejawen itu. Jogja yang mau gue bahas disini terlepas dari gudeg, malioboro, alun-alun kidul lan sak perangane….gue mau ngebahas KRATON WEDDING nya GKR Bendara dan KPH Yudhanegara. Edyan yah itu gue antusias banget ngikutin beritanya lebih lebiiiiih dari gue ngikutin royal wedding-nya pangeran william. Kenapa? kenapa? karena di Kraton Wedding gue merasakan ‘jiwa’ Jawa sangat terasa di setiap prosesinyah bleeeeeeeeeh!.

Percaya ato ga, tiap gue nemenin Rafdi ke Gramedia tiba-tiba kaki gue kaya secara otomatis keseret ke arah rak buku Pernikahan! HUAHAHAHAHAHAHA bukan….bukaaan bukan karena kepengen buru-buru nikah ehem iya deng sebenernya *ngumpet dalem lemari*   itu semua karena gue suka baca-baca tentang prosesi nikahan adat jawa. Entah kenapa gue ngerasa itu sesuatu yang sangat keren kalo dibanding dengan nikahan adat modern kaya yang banyakan sekarang *maap lahir batin loh ya kalo ada yang tersinggung* ini sih pendapat pribadi gue. Di daerah gue pun sekarang jarang ada nikahan yang pake adat seribet adat nikahan orang Jogja. Gue suka aja mencari tau kenapa harus siraman apa artinya? kenapa harus begitu bentuk paes? kenapa harus jualan dawet (cendol) begitu banyak makna tersirat dalam setiap prosesi itu. Dari pernikahan keraton kemaren kenapa memakai ‘tuju’ sumber mata air, karena dalam bahasa jawa Tujuh itu artinya Pitu maksudnya agar si pengantin selalu mendapat ‘pitulung’ (pertolongan dari Maha Kuasa). Suka kesel kalo pas bahas kaya gitu sama Rafdi dianya cuek-cuek dan cuma ya ya ya ya ga ngerti dia antara males bahas apa gak mudeng babar blas adat jawa.

Wiiiiis balik lagi ke topik! Kraton Wedding ini sampe 4 hari loh kebayang hebohnya Jogja yah. Gue liat di berita-berita masyakarat disana juga sangat antusias dan gotong royong dalam pelaksaan pernikahan itu amaziing banget yah sesuatu. Beruntung banget yah seorang putri itu nikahnya dari kalangan bangsawan juga kaya di negeri dongeng(gue ga ngerti KPH itu setinggi apa derajatnya di Keraton) mana tampan pula ahahahahahha *tetep*. Lihatlah gimana ga serasi mereka berdua ini Eh ga cuma di inggris aja yah pengantinnya pake kereto-kereto-an, di Jogja jugaaaaa, mereka di arak keliling (sebagian) kota Jogja namanya Kirap kalo di jawa. Ini dia penampakannya taraaaaaaaa Gue kagum sama para abdi dalem yang masiiih aja ‘betah’ kemana-mana nyeker alias ga pake alas kaki dan kalo lagi jalan ngelewatin para petinggi keraton mereka jongkok, bayangin aja jalan sambil jongkok pasti capek deh betisnya. Trus pasti yang bikin cewe-cewe (khususnya etnis Jawa) terkesima adalah pas di PKH Yudhanegara ngucapin akad pake bahasa Jawa halus ya ampuuuuuun gue kalo jadi penganten cewenya bisa lumer kali yah ahahahahahahaha so sweeeet🙂. Pokoknya nanti nikahan gue harus konsep kejawen terserah gue mau nikah sama siapa dan bangga apa ahahahaha amiiiiin ya rabbalalamiiiin.

Love

 

PINK

3 thoughts on “Jogja oh Jogja

  1. titoHeyziputra says:

    wkwkwkwk kocak tuh wo lo ntar nikah kyak gitu,, tp naek becak keliling malioboro.. Hahhaha

    ke Jogja pertama kali tingkat satu, TPB, dan semenjak itu hampir setiap tahun gw k jogja.. Jogja i’m in love… hha. Gudeg. krecek, bakpia, batik, cah ayu.. Wuaaaaaaaaa never forget the trip..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s