Web Usability

Lumayan bingung menentukan judul🙂 yah intinya postingan saya kali ini masi melanjutkan kajian web yang sudah saya bahas sebelumnya. Kali ini ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan.

Yang pertama yaitu masalah letak fungsi search yang mungkin bisa dibilang kurang umum.

Fungsi search pada kebanyakan web yang kita tahu adalah terletak pada sisi kanan atas sebuah halaman web, tapi pada situs posindonesia terletak pada kolom kiri bagian tengah. Mungkin tidak semua orang akan merasa bingung dengan penempatan fungsi search yang bisa dikatakan tidak biasa tersebut, namun dalam segi efesiensi bisa dikatakan kurang efisien.

Yang kedua, seperti yang saya sampaikan sebelumnya web posindonesia mempunyai tab yang ‘menyerupai’ tab menu pada umumnya. Jadi ketika kita mengklik salah satu menu yang ada di tab tersebut (misal : kode pos) maka kita akan secara otomatis dibukakan sebuah window baru. Ketika saya mengklik kode pos maka tampilan window tersebut adalah seperti yang di bawah ini.

Disini yang ingin saya bahas adalah button dengan tulisan ‘Cari !’. Oke lah.. mungkin ingin mengesankan bahwa user wajib mengklik button tersebut untuk melakukan sebuah action mencari kode pos, tapi yang terjadi adalah user berpikir ini bisa dibilang kurang sopan.

Yang ketiga, karena pada web ini tidak disediakan tab untuk tiap menunya maka user merasa sangat direpotkan. Ketika user ingin melihat menu lain kemudian balik ke menu lainnya maka user harus membuka menutup window dan ini sangat tidak efektif.

Yang keempat, kalau kita perhatikan pada tampilan home terdapat gambar dengan ukuran yang cukup besar ditengah-tengah.

Dan ketika kita mengarahkan cursor ke gambar tersebut maka cursor akan berubah menjadi bentuk yang tangan (hand) yang menandakan adanya sebuah link. Setelah saya klik ternyata gambar tersebut mengarah pada artikel-artikel yang ditulis oleh posindonesia , dan dibawah tersebut terdapat button bertuliskan ‘selengkapnya’ dan kolom dengan isi berita yang ternyata sama saja dengan link ketika kita mengklik gambar. Disini kembali saya lihat sisi ketidak efisienan pada web ini.

Sekian postingan saya kali ini, maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah menyempatkan untuk membaca tulisan saya🙂.

Love

PINK

22 thoughts on “Web Usability

  1. Nova Maulizar says:

    ya ampun,,bener juga ya wo..cuma karena tanda seru doank bisa aja aja buat orang jadi tersinggung n jadi gmana gtu bacanya..:)

  2. Nova Maulizar says:

    ya ampun,,bener juga ya wo..cuma karena tanda seru doank bisa aja buat orang jadi tersinggung n jadi gmana gtu bacanya..:)
    jadi lain kali kita harus menyesuaikan kata-kata perintah dalam situs web.

  3. jilly pratiwi says:

    Memang fungsi searchnya aneh dan tidak umum. Lalu tombol cari yang bertanda seru “Cari !”memang terlihat kurang sopan karena mengesankan pengguna seperti diperintah untuk menekan tombol tersebut.

  4. Fani Benz Wulandari says:

    good review wortj😉

    ternyata ini web sangat kaga efisien yaa..! mudah-mudahan developernya baca review lo dan berniat dibenerin itu webnya. Namanya aja Pos Indonesia, ngebawa nama tanah air nih, wajib di koreksi deh demi kemajuan bangsa juga, secara ini juga jadi salah satu fasilitas penting.

  5. fauzi says:

    iya ro, kenapa ya fungsi carinya musti pake tanda seru. . padahal kan kurang enak dilihatnya. . kesannya kurang sopan karena mengesankan pengguna seperti diperintah untuk menekan tombol tersebut.

  6. fauzi says:

    iya ro, kenapa ya fungsi carinya musti pake tanda seru. . padahal kan kurang enak dilihatnya. . kesannya kurang sopan karena mengesankan pengguna seperti diperintah untuk menekan tombol tersebut. .

  7. erickstrad says:

    wah kebetulan ada yg ngebahas posindonesia nih😀

    dah coba tracking di kotak search nya itu blm ?
    dulu sih sya smpet tracking yg kluar malah halaman blank tanpa kterangan apa2😦

  8. ukirankatakatadean says:

    ada masalah besar di searchingnya. user yang baru pertama kali mengakses website ini pasti akan kesulitan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s