Homepage (again)

Ini adalah postingan saya ketiga untuk tugas kajian website posindonesia. Oke..kenapa saya berbetah-betah ria di halaman utama web itu atau homepage? karena seperti yang saya jelaskan ada postingan sebelumnya bahwa web ini tidak memiliki tab dalam artian yang sebenarnya. Jadi bila kita ingin melihat menu-menu pada web ini kita akan secara otomatis dibukakan sebuah window baru yang kebanyakan hanya berisi sebuah form untuk diisi. Berikut ini adalah screenshot yang saya ambil di halaman utama dengan lingkaran merah dibeberapa tempat untuk memperjelas apa yang akan saya bahas.

  • too many blinking objects

Dengan menggunakan animasi bisa membuat sebuah web menjadi lebih menarik, karena pada dasarnya manusia akan lebih responsif pada object yang bergerak. Namun bila terlalu banyak objek yang bergerak dengan jarak yang bisa dibilang terlalu dekat akan membuat user merasa tidak nyaman. Pada gambar diatas sengaja saya lingkari tiga tempat yang  berisi animasi flash untuk promosi dsb. Jadi ketika pertama kali saya membuka web ini mata saya cukup dibingungkan dengan tiga daerah yang menggunakan animasi secara bersamaan. Mungkin lebih baik diberikan variasi atau bisa dikurangi animasinya agar user bisa lebih nyaman membaca tulisan-tulisan disekitarnya.

  • Kombinasi Warna

Mungkin website posindonesia ingin memperlihatkan jati dirinya sebagai perusahaan milik negara yang identik dengan warna orange. Jadi dalam websitenya digunakan warna yang dominan yaitu orange dan putih. Menurut saya bisa saja ditambahkan warna lain dengan komposisi perpaduan warna yang sesuai tanpa harus mengurangi citra pos indonesia sendiri. Karena warna juga sangat penting untuk dipertimbangkan dalam membuat sebuah tampilan antar muka agar user merasa senang dan nyaman berlama-lama mengunjungi web tersebut.

Mungkin sekian saja yang dapat saya ulas kali ini, untuk selanjutnya akan saya tulis lagi di postingan selanjutnya. Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca tulisan saya🙂

Love

PINK

10 thoughts on “Homepage (again)

  1. titoHeyziputra says:

    Baru tw ternyata gw harus comment dari student ke blog luar… gw kirain sesama student. hahaha. So ntar komentnya k Blogspot wo”

    Gw bingung nih menilai Usability dari bagian mana, Web yg gw dapet itu directing dari blog. Dan elemen di dalamnya minim sekali. Just forum Jual beli ala Kaskus. Wadow delapan step yg di omongin kak farhad jadi ga ke pake… mohon bantuannya wo” cek di http://titopoenyacrita.blogspot.com… Thanks

  2. fadlyhilman says:

    pertamax wo…!! =D

    bener wo.. task search ngga begitu terlihat di web ini karena letaknya di panel sebelah kiri dan agak di bawah pula. pengguna akan merasa kesulitan mencari informasi jika pengguna ingin mencari menggunakan task ini, karena penempatannya yang tidak tepat. komen di blog gw ya wo.. hehe.

  3. fadlyhilman says:

    pertamax wo…!! =D

    bener wo.. task search ngga begitu terlihat di web ini karena letaknya di panel sebelah kiri dan agak di bawah pula. pengguna akan merasa kesulitan mencari informasi jika pengguna ingin mencari menggunakan task ini, karena penempatannya yang tidak tepat. komen di blog gw ya wo.. hehe.

    http://mh07.student.ipb.ac.id

  4. Inne Larasati says:

    Saya termasuk yang sering berkunjung ke situs ini buat cari tahu ongkir barang😄

    Blinking objects-nya emang cukup mengganggu, terutama yang di tengah-atas konten. Sebaiknya ditaruh di bawah, karena menurut saya pengguna lebih banyak ingin tahu berita terbaru di Pos Indonesia🙂

  5. imdewinner says:

    tulisannya gerak-gerak…..agak sedikit mengganggu mata
    jadi gak fokus baca web ini🙂
    udah lama gak berkunjung ke pos indonesia….
    tergilas zaman…
    biasanya ngirim surat lewat fax
    belum lagi sms dan telpon jauh lebih berperan…
    kecuali kirim mengirim barang…pos indonesia masih bisa bertahan
    yang menarik di web ini bisa liat tarif kirim barang …

    wiwiek dewi anggraeni (G64070048)
    http://wiwiekd07.student.ipb.ac.id/

Leave a Reply

