About Homepage

Seperti yang saya jelaskan di postingan saya sebelumnya yaitu saya akan membuat kajian mengenai usability website posindonesia . Kali ini saya akan membahas mengenai homepage dari website tersebut. Kenapa homepage? karena homepage dirasa cukup penting untuk memberikan kesan pertama pada user atau pengunjung sebuah web. Biasanya bila tampilan homepage dari sebuah web tersebut menarik dan cukup mudah dipahami user maka user akan lebih betah berlama-lama dengan web tersebut. Oleh karena itu, homepage harus mudah dikenali dan mampu memenuhi tujuannya, yaitu memberi informasi pada viewer mengenai situs tersebut dan memberitahu sedang berada dimana (Galitz, 2007).

Dari gambar diatas dapat dilihat tampilan homepage dari website posindonesia, yah walau pun sudah pernah saya tunjukkan sebelumnya namun kali ini homepage tersebut sudah saya beli lingkaran merah dibeberapa tempat yang menandakan itu yang akan saya bahas disini.

Yang pertama, seperti yang disebutkan oleh Steve Krug dalam bukunya yang berjudul Don’t Make Me Think yaitu bahwa sangat penting memberikan informasi pada user dimana mereka berada (where am I?). Pada homepage website tersebut sudah dijelaskan dengan adanya tulisan pos indonesia dan logonya pada bagian tittle bar window.

Yang kedua yaitu owner name or logo, dipojok kiri atas terdapat logo pos Indonesia dan diperjelas dengan tulisan Pos Indonesia Online pada bagian header website. Hal ini penting untuk memberi tahu pada user bahwa mereka sedang membuka website posindonesia.

Yang ketiga adalah tab menu yang menyerupai tab, heee kenapa saya sebut ‘menyerupai’? karena sebenarnya itu bukan tab. Kalau kita biasanya membuka menu dari tab menu seperti itu dalam satu window saja kali ini berbeda. Karena tiap kita meng-klik menu-menu yang menyerupai tab tersebut maka secara otomatis akan terbuka window baru untuk tiap tab menunya. Tampilan yang seperti ini cukup merepotkan pengguna karen kebanyakan malas membuka satu window hanya untuk satu menu.

Yang keempat, website ini sudah dilengkapi dengan adanya fungsi search sehingga memudahkan user untuk mencari, tapi kelemahannya disini adalah fungsi search tersebut hanya diperuntukkan mencari nomor kiriman, sehingga untuk mencari informasi atau yang lainnya sepertinya user harus mencari sendiri hehe🙂.

Demikian postingan kedua saya mengenai web usability pada website posindonesia. Untuk kajian selanjutnya akan saya teruskan di postingan selanjutnya juga. Terima Kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca ini. Tetap Semangaaaat \m/

Love

PINK

Leave a Reply

