Menikah itu apa sih???

Howeeeee ini postingan yang rada aneh menurut bocah yang masih seumuran gue ini.

woroluvpink.wordpress.com

Pertanyaan pertama yang mungkin muncul adalah kok tiba-tiba jadi kepikiran masalah nikah? Emmm bukan dari otak gue sebenernya pemikiran ini, ini semua karena beberapa bulan lalu timeline gue di salah satu jejaring sosial yang penuh sama hal hal berbau pernikahan. Dari masalah ribetnya tar punya rumah tangga sampe udah ngurusin harta setelah menikah (padahal yang bikin status belum nikah tapi udah repot banget kayaknya).

Jujur aja dipikiran gue saat ini bener-bener ga kebayang ‘pernikahan’ sendiri itu seperti apa, dari definisi yang umum mulai yah kalo nikah itu menjadi suami istri, status di KTP ganti (kata Projectpop) dsb laaah. Sedikit mengingat dulu dapet pelajaran masalah pernikahan pas SMA guru agama gue yang notabene ustadzah di salah satu ponpes terkenal di Rembang menerangkan hukum nikah itu ada 4:

1. Wajib : ketika seorang muslim sudah ingin menikah dan mampu menikah.

2. Sunnah : ketika seorang muslim mampu untuk menikah  tapi belum ingin menikah.

3. Makruh : ketika seorang muslim  ingin menikah tapi belum mampu untuk menikah.

4. Haram : menikah dengan tujuan yang tidak baik menurut islam (contoh: bermaksud menyakiti)

CMIIW

Setelah gue searching masalah nikah ini ada beberapa artikel tentang menikah dalam islam yang mungkin bisa sedikit menjelaskan apa itu menikah.

Islam Menganjurkan NikahIslam telah menjadikan ikatan perkawinan yang sah berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai satu-satunya sarana untuk memenuhi tuntutan naluri manusia yang sangat asasi, dan sarana untuk membina keluarga yang Islami. Penghargaan Islam terhadap ikatan perkawinan besar sekali, sampai-sampai ikatan itu ditetapkan sebanding dengan separuh agama. Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu berkata : “Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Artinya : Barangsiapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi”. (Hadist Riwayat Thabrani dan Hakim).

Sikap enggan membina rumah tangga karena takut miskin adalah sikap orang jahil(bodoh), karena semua rezeki sudah diatur Allah sejak manusia berada di alam rahim, dan manusia tidak bisa menteorikan rezeki yang dikaruniakan Allah, misal berkata: “Bila saya hidup sendiri gaji saya cukup, tapi bila punya anak dan istri tidak cukup”.

Padahal Allah telah berfirman

“Artinya : Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui”.
(An-Nur : 32).

Jadi menurut gue kalo ada yang ketakutan gimana nanti harta setelah sepasang suami istri menikah tidak usah terlalu dipermasalahkan karena Allah itu sangat kaya raya dan rezeki semua orang itu sudah diatur🙂. Mungkin saat ini gue ga terlalu memikirkan ke arah itu karena usia gue yang masi sangat belia (tsaaaaah belia udah kepala 2 hehe) tapi dari dulu gue selalu berpikir suatu hari gue akan nikah dengan jodoh yang dipilih Allah dan dalam keadaan yang tergolong wajib tadi.

Mungkin sekian postingan gue kali ini semoga bisa bermanfaat buat orang-orang yang bingung mau nikah, maaf bila ada yang salah gue cuma manusia biasa dan emang gue ga terlalu ngerti masalah pernikahan itu sendiri V^^.

Love

PINK


    9 thoughts on “Menikah itu apa sih???

      • woroindryani says:

        heh berisik deh kata benz lebih bagus kayak gituuuuu -_- tolong komen tulisannya yah lo mah poto poto bae yg dikomeeen

      • woroindriyani says:

        oooh begitu yah kak aaah tapi saya pengen lebih lama meniti karir tssaaaaah gaya hehe
        btw makasi udah mampir🙂

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s