HTC Perkenalkan Aplikasi Sense UI Untuk Smartphone Hero

Mungkin sedikit berbeda dengan postingan-postingan saya sebelumnya yang bisa dibilang lumayan ancur bahasanya, kali ini saya mencoba mengulas tentang  sebuah antar muka yang menarik. Mengapa saya memilih HTC Hero? akhir-akhir ini banyak sekali pengguna smartphone seperti Blackberry atau bahkan iPhone, tapi mungkin kita merasa asing ketika mendengar nama HTC. HTC yang diproduksi di Taiwan ini tidak kalah menarik dari Blackberry dan iPhone.

HTC Hero yang dinobatkan sebagai sebagai Gadget of the Year 2009 dari The Stuff magazine mengalahkan iPhone3GS, juga Phone of the Year 2009 dari Mobile Choice Consumer, dan Wildcard Entry Phone / Gadget of the Year 2009 dari T3 Magazine memang mempunyai banyak keunggulan. Salah satu yang akan saya bahas adalah mengenai antar mukanya yang menggunakan interface software terbaru yang diberi nama Sense. Adapun perangkat pertama yang menggunakan aplikasi ini adalah sebuah smartphone berbasis Android yang dikenal dengan sebutan Hero.  Untuk lebih lengkapnya silahkan liat video di bawah ini.

Dari segi interface menurut saya teknologi ini sudah mengakomodasi keperluan pengguna khususnya bagi mereka yang tidak bisa terlepas dari dunia internet. Kontrol sentuhan pada HTC Sense sangat responsif dan sekilas hampir sama dengan iPhone. Cukup dengan jari kita saja maka kita dapat mengklik, menggeser layar, zoom in, zoom out. Dan khusus pada zoom kita bisa menggunakan 2 jari sekaligus. Pada HTC ini kita tidak perlu menggunakan stylus seperti pada ponsel touch screen lainnya, karena kelemahan memakai stylus lebih repot dan resiko hilangnya stylus  sangat besar, dengan menggunakan jari maka itu lebih praktis. Bahkan kita dapat menggeser layar tanpa harus ada gambar scroll, jadi kita dapat melakukan apa saja pada layar HTC dan membiarkan dia meresponnya. Dengan ada adanya teknologi touch screen semacam ini diharapkan pengguna lebih mudah untuk berinteraksi dengan ponsel dan lebih cepat mengakses informasi karena kita semua tahu memencet keypad pada ponsel lebih repot dibanding degan berinteraksi dengan layar touch screen. HTC Hero dengan Android ini menjalankan aplikasinya dengan Multitasking seperti di komputer. Jadi, apabila kita menjalankan suatu aplikasi (misalkan Web Browser), kemudian kita membuka aplikasi lain (misalnya Peta), maka saat kembali ke aplikasi sebelumnya kita akan disuguhi tampilan persis seperti saat terakhirnya. Dengan cara ini, perpindahan antar aplikasi menjadi sangat cepat.

Tapi kelemahan pada HTC Hero ini adalah butuh waktu yang relatif lama untuk membiasakan. Karena sangat responsif terhadap sentuhan maka pengguna harus membiasakan agar tidak merasa repot atau salah ‘pencet’ ketika menggunakan HTC Hero ini. Dengan adanya fitur yang lumayan banyak, mungkin pengguna yang masih belum terbiasa bisa bingung , jadi dibutuhkan waktu untuk ‘mempelajari’ lagi HTC Hero ini.

Mungkin cukup sekian yang bisa saya paparkan, bagi pembaca yang penasaran dengan kecanggihan User Interface Sense pada HTC Hero sepertinya harus merogoh kocek cukup dalam karena HTC Hero ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp. 5 juta, tapi menurut saya dengan fitur yang sangat beragam ini harga HTC Hero cukup terjangkau dibanding smartphone yang lain. Terima kasih susah menyempatkan waktu untuk membaca tulisan saya ini dan terima kasih untuk komentarnya😀.

Bogor Agricultural University

19 thoughts on “HTC Perkenalkan Aplikasi Sense UI Untuk Smartphone Hero

  1. ukirankatakatadean says:

    hmmm…. another gadget yang menurut saya kurang user friendly nih… karena setelah di cek2 ke forum2, HTC agak ‘terlalu responsif’ sama tangan. jadi agak butuh banyak waktu buat terbiasa make gadget ini. apalagi buat yang baru migrasi dari handphone candybar biasa.

    keep posting…

    dean

    http://www.deanzone.co.cc

  2. fuad says:

    ini ada wajibnya pas ngisi komeng tapi ga ada keterarang surel paan hehehehehe ga banyak orang yg tau hehehehe… trus .warnanya si bagus.. tapi yg dbawah tweet nya kurang rapi heheheh

  3. Inne Larasati says:

    iPhone versi Taiwan? lol
    Entah kenapa agak kurang suka saya sama bentuknya. Hm… mungkin bisa dibuat sedikit lebih menarik xD

    Makin merambah ke seluruh dunia nih demam iPhone~
    Nice article wo🙂

  4. windy idola says:

    saya lebih suka iPhone! hehe..
    walo mungkin fitur2nya aga2 sama, katanya hp dari taiw*n dsbnya lah rentan bgd rusak ya???
    trus touch screennya super sensitif *katanya..

    klo dari segi harga mah, emg ga semahal iPhone.. hehe

    eniwei.. nice info wo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s