Fieldtrip ke Saung Mirwan

Kunjungan ke Saung Mirwan pada tanggal 2 Febuari 2009 dengan narasumber Bapak Dudi yang merupakan salah satu pegawai di Saung Mirwan. . Sekilas gambaran tentang Saung Mirwan, PT. Saung Mirwan didirikan pada tahun 1985 terletak di Ds. Sukamanah Kp. Ps. Muncang Kec. Megamendung – Bogor, Indonesia dengan ketinggian 670m dpl.Nama Saung Mirwan diambil dari nama villa Tatang Hadinata yaitu Villa Mirwan (Mira Ridwan).Bapak Tatang Hadinata sebenernya bukan seorang petani melainkan pengusaha yang bergerak di bidang property. Usaha di bidang agribisnis ini awalnya ditekuninya hanya karena hobi. Pada awalnya, Tatang Hadinata selaku pemilik perusahaan memulai usahanya dengan menanam melon di atas lahan terbuka pada tahun 1985 dengan jumlah pegawai 16 orang. Setelah dipanen ternyata meln yang ditanam menghasilkan buah melon varietas unggul, tapi ternyata tidak semua buah bias terjual hanya sekitar 30% dari total hasil panen. Setelah terjadi gagal jual pihak perusahaan mulai merubah paradigmanya yaitu berubah dari product oriented menjadi market oriented. Lalu ditetapkanlah pasar Cipanas sebagai target utaman pemasaran. Setelah melakukan suvei di pasar Ciapanas maka ditetapkan 20 komoditas yang akan ditanam oleh Saung Mirwan.
Dengan menetapkan pasar Cipanas sebagai pasar utama, maka dilakukan berbagai upaya untuk melancarkan usahanya. Salah satunya yaitu dengan membuat basecamp di dekat area pasar. Hal ini disebabkan dalam dunia bisnis harus memperhatikan ikatan price dan ikatan emosional dengan konsumen. Penyebab penentuan lahan di Cipanas disebabkan oleh beberapa hal, antara lain yaitu karena lingkungan Cipanas dengan cuaca yang cocok untuk bercocok tanam selain itu juga kultur masyarakat sekitar yang mendukung. Penentuan lahan juga tidak terlepas dari adanya campur tangan kebijakan pemerintah, SDM, dan factor safety. Biasanya dalam ilmu bisnis penentuan biaya duga yang sebesar >10%, tapi dalam kenyataannya 30% seperti yang dialami Saung Mirwan membuat basecamp di Cipanas. Setelah sukses di pasar Cipanas maka Saung Mirwan mulai melebarkan sayap dengan mulai meningkatkan produknya dan dijual di pasar-pasar besar di Jakarta, seperti HERO, Golden Trully, dan Galael dengan managemen tunggal pak Tatang Hadinata. Kini Saung Mirwan mempunyai 500 karyawan, 300 diantaranya bekerja di Megamendung.
Hasil percobaan awal yang menunjukkan hasil sangat memuaskan menjadikan Tatang Hadinata untuk memperbesar usaha ini dengan jenis tanaman melon, paprika, tomat, kyuuri dan shisito.

inilah muka-muka para calon bisniswoman masa depan ahahahahhaaha ^^,

2 thoughts on “Fieldtrip ke Saung Mirwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s